Antara Pertamina dan Saudi Aramco : Bagaimana dengan Petrosea? Menarik?
April 23, 2017
Antara Saham KBLI dan Proyek Pembangkit Listrik 35.000MW, masih menarik?
April 25, 2017

Ada apa dengan saham SOCI ? Bagaimana kedepannya?

Ada apa dengan saham SOCI?. Misteri dibalik IPO saham SOCI di akhir 2014 lalu?. Kenapa baru saat ini harga saham SOCI melejit?. Bagaimana kedepannya?.

PT. Soechi Lines Tbk. (SOCI) bergerak dalam bidang perdagangan impor dan ekspor, jasa konsultasi, pembangunan, transportasi, percetakan, pertanian, perbengkelan dan industri lainnya. Saat ini, Perusahaan bergerak di bidang jasa konsultasi manajemen sedangkan Entitas Anak bergerak di bidang pelayaran dan pembangunan kapal. Perusahaan tergabung dalam Grup Soechi dan entitas induk terakhir adalah PT Soechi Group.

Dalam kaidah value investing, selain fundamental perusahaan yang bagus,”Jaminan” dari saham perusahaan yang akan di BELI juga harus ada. “Jaminan eksternal maupun internal”. Namun, di perusahaan SOCI ini masih belum terlihat ada historis fundamental yang sangat bagus. Lalu bagaimana?.

Saham yang belum memiliki Fundamental yang sangat bagus, belum tentu tidak masuk dalam saham yang sesuai dengan kaidah value investing. Kenapa?, karena prospek perusahaan dan nilai perusahaan yang masih murah juga perlu dipertimbangkan. (Anda bisa menemukan formula ini di buku kesukaan Warren Buffet : The Inteligent Investor – Benjamin Graham). Sebenarnya, telah banyak para analis yang merekomendasikan saham SOCI ini. Namun, bagaimana menurut BullRecommend sendiri, apakah SOCI menarik? terutama dalam pandangan Value Investing?.

Sekalipun banyak pelaku pasar yang euforia dengan suatu saham, namun dalam value investing di wajib kan memiliki analisis logis yang jelas dan menemukan “Jaminan” yang sesuai kaidah value investing dari saham tersebut . Jika minimal kedua hal di atas tidak terpenuhi maka idealnya bagi Value Investor tidak wajib mengikuti arus euforia market yang tidak menentu.

Kenapa SOCI memutuskan IPO di akhir tahun 2014?. (Analisis Value Investing ala BullRecommend dimulai dari pertanyaan ini – Mungkin banyak ditemukan hasil analisis fundamental maupun teknikal SOCI di lain tempat. Namun, untuk hal yang akan di sampaikan uraian analisisnya berikut dipastikan adalah ciri khas analisis BLS),

Berikut :

 

 

“Menuju Negara Poros Maritim” !. Misteri dibalik IPO SOCI di akhir 2014, dimana akan ada rencana era Presiden Jokowi 2014 s.d 2019 menegakkan poros maritim Indonesia !.

Bukan tanpa alasan SOCI melakukan IPO di akhir tahun 2014, tidak hanya untuk mencari dana hasil IPO namun kemungkinan besar waktu itu tentunya untuk publishing perusahaan SOCI itu sendiri di Era kebangkitan Poros Maritim Indonesia.

 

 

Di atas merupakan “Jaminan eksternal” menurut kaidah Value Investing dari saham SOCI. Lalu apa ada lagi?.

 

 

 _
_
Sebagian besar usulan tersebut disempurnakan di tahun – tahun ini. Sekarang, misteri di balik IPO SOCI di tahun 2014 telah jelas dengan prospek yang sangat ideal.
 _
 _
Setelah hal di atas tersebut. Apakah ada lagi “Jaminan” eksternal dari saham SOCI ?
 _
 _
Setelah “Jaminan eksternal” dari saham SOCI. Apa ada “Jaminan Internal” dari saham SOCI?.

Analisis saham SOCI ini agak panjang agar Anda(Sebagai Value Investor) tidak ragu atau bimbang atau punya “pegangan” kuat bagaimana jika saham SOCI ini naik turun nya ekstrem.

Minimal Anda(Sebagai Value Investor) sudah tahu arahnya kemana dan jika harga sahamnya naik atau turun tahu harus berbuat apa.

 

Matriks pendapatan SOCI adalah “Jaminan eksternal dan internal”.

Asas Cabotage dan ekspansi SOCI dengan terus menambah kapal baru merupakan ciri perusahaan yang prospektif di tengah gencarnya program Poros Maritim.

 

 

 _
Ekspansi gencar dilakukan oleh SOCI yang dimana hal tersebut beriringan dengan program maritim Pemerintah.
 _
 _
Kontrak time charter senilai US$200 juta (Rp2,6 Triliun), sedangkan MarketCap SOCI saat ini per 24 April 2017 masih sekitar Rp2,64 Triliun. Kontrak tersebut belum ditambah kontrak yang lainnya dari pendapatan SOCI.

Apakah ini SANGAT MENARIK ???.

 _
Lalu bagaimana untuk Valuasi dari Fundamental SOCI ?.

Khusus Saham seperti SOCI ini karena begitu optimal nya “Jaminan eksternal maupun Internal” dan tidak ada masalah keuangan yang signifikan maka dari segi fundamental SOCI ini masih cukup baik.

Namun apakah sudah bisa dikatakan MENARIK? dan Apakah secara valuasi juga bisa dikatakan cukup MENARIK ???.

 

 _
Dengan PBV dari SOCI yang masih <1 dan PER yang masih <10, maka apakah SOCI ini MENARIK? meskipun ROE masih <20% dan NPM cenderung cukup biasa. Jika di telaah kembali dari banyak sekali opportunity dan prospek serta valuasi SOCI dan dukungan dari program pemerintah Apakah sangat layak saham SOCI untuk di akumulasi BELI ???.

Yang tidak kalah pentingnya bahwa PT Soechi Lines Tbk (SOCI). Perseroan memiliki galangan kapal yang terletak di Tanjung Balai Karimun, kepulauan Riau yang berlokasi di Selat Malaka. Lokasi itu merupakan jalur pelayanan internasional yang paling ramai di dunia.

 

SOCI memiliki hal yang menarik jika diringkas :

1. Ekspansi dilakukan dengan optimal.
2. Kontrak proyek bernilai JUMBO.
3. “Jaminan eksternal” asa Cabotage dari Pemerintah.
4. “Jaminan Internal” lokasi galangan kapal yang sangat strategis.
5. “Jaminan Eksternal” berupa insentif bagi industri galangan kapal. (PP 52 tahun 2011).
6. Revitalisasi galangan kapal –> Paket Kebijakan Ekonomi XV.
7. Pesanan kapal dari Pertamina dan kementerian Perhubungan.
8. SOCI memiliki galangan kapal terbesar di Indonesia
9. Memiliki kontrak dari PetroChina
10. Valuasi harga saham SOCI secara fundamental masih murah.
11. Misteri di balik IPO SOCI di tahun 2014 untuk menyambut Program Poros Maritim Indonesia mulai tahun 2015 s.d 2019 !.

 

Berikut adalah ScreenShoot Special Information (Terkait dengan kenaikan saham SOCI, BULL dan beberapa saham lainnya) pada Tanggal 16 Juni 2017 (Pukul 04.36 wib) via Telegram BullRecommend LS –> Khusus Anggota / Member BLS :

 

 

Berikut adalah ScreenShoot Reminder Harga BELI/HOLD saham SOCI di harga 310/share pada Tanggal 16 Juni 2017 (Pukul 07.35 wib) via Telegram BullRecommend LS –> Khusus Anggota / Member BLS :

 

 

 

Berikut adalah ScreenShoot Disclousure BELI saham SOCI di harga 302/share pada Tanggal 13 Juni 2017 (Pukul 15.38 wib) via Telegram BullRecommend LS –> Khusus Anggota / Member BLS :

 

  

 

 

 

Dari hasil analisis cukup panjang dari saham SOCI, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham SOCI masih menarik untuk di akumulasi BELI ?. (Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS)

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Sekalipun mungkin telah banyak yang merekomendasikan nya. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti saham suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading saham SOCI?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. ( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! )

Disclousure : Hasil analisis saham SOCI ini sudah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

 

 

 

(Visited 1,032 times, 7 visits today)

Comments are closed.