All in One Transformasi Bisnis Barito Pasific (BRPT) Mulai Petrokimia, Perkayuan, CPO, Properti Hingga Energi : Mega Prospektif BRPT 2017 ?

INDS (Indospring) 5 Besar Pabrik Leaf Spring di Dunia Dengan Kapasitas Terbesar Posisi ke 3 Setelah Meksiko & India : Prospektif di Tahun 2017 ?
June 8, 2017
Modernland Realty bersama Astra Land beserta Proyek MCIE 16,76 Ha., JGC 370 Ha. sampai AEON Mall : Saham MDLN berpotensi mulai 2017 ?
July 4, 2017

All in One Transformasi Bisnis Barito Pasific (BRPT) Mulai Petrokimia, Perkayuan, CPO, Properti Hingga Energi : Mega Prospektif BRPT 2017 ?

Salah satu saham yang jarang membuat investor kuatir karena harga sahamnya yang cenderung menanjak. Harga saham BRPT Strong Uptrend? ada apa?.

Perlu Anda ketahui bahwa hasil analisis saham BRPT ini telah terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS pada tanggal 25 Februari 2017 saat harga saham BRPT masih 2520/share. (di awal tahun 2016 lalu, saat harga saham BRPT masih di <200/share, saham BRPT ini telah diberikan hasil analisisnya (sesuai kaidah Value Investing) dan direkomendasikan untuk Anggota/Member BullRecommend LS).

PT. Barito Pasific Tbk. (BRPT) ini diliputi oleh banyak sekali sentimen positif, mulai dari CPO, Properti, Perkayuan dan Petrokimia (penurunan atau subsidi gas khusus sektor petrokimia) serta gencar nya pemerintah dalam mengutamakan industri dasar. Terakhir yang paling baru adalah bisnis energi (Akuisisi Star Energy oleh BRPT).

Namun, potensi BRPT ini bermula sejak awal tahun 2016. Tidak semua pelaku pasar atau investor sadar lebih awal akan potensi besar pada BRPT pada saat itu (awal tahun 2016).

 

PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) bergerak dalam bidang kehutanan, perkebunan, pertambangan, industri, properti, perdagangan, energi terbarukan dan transportasi. Jenis-jenis produk dan jasa yang dihasilkan oleh entitas anak milik perseroan adalah bahan baku industri plastik di sektor hilir (etilena, propilena, py-gas, serta mixed c4), komoditas perkebunan (kelapa sawit, karet alam, serta produk turunannya), kayu olahan (particle board), penyewaan gedung (perkantoran dan perhotelan), dan lain sebagainya.

Bahkan selain sentimen dari yang disebutkan tadi atau bisa disebut sebagai “Jaminan” dari saham BRPT (Baca : “Jaminan” adalah prospek logis dalam Value Investing), ditambah lagi sentimen positif (“Jaminan”) dari produk pengolahan kayu nya.

Apa itu sentimen positif (“Jaminan”) dari olahan kayu yang dilakukan BRPT ?. Yaitu adalah Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) mengatakan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SLVK) yang digunakan sebagai sistem jaminan legalitas kayu Indonesia telah diakui oleh negara-negara di Uni Eropa (UE).

Hal ini dibuktikan dengan perjanjian kerja sama perdagangan kayu antara Indonesia dan Uni Eropa yang dimulai pada Selasa, 15 November 2016.

 

 

Di atas adalah beberapa perusahaan anak maupun group BRPT. Seperti yang tertera bahwa BRPT bergerak di berbagai lini bisnis, mulai dari Petrokimia, Properti, CPO dan Olahan Kayu.

Menariknya masing – masing dari lini bisnis tersebut kebagian sentimen positif dari kebijakan pemerintah saat ini. Sebenarnya sejak awal tahun 2016 dan potensi masih akan terasa 2 tahun ke depan. Bagaimana dengan harga sahamnya?, naik terus?, apakah ini bandar?. Ini sebenarnya hasil dari prospek cerah BRPT di tambah kebijakan pemerintah yang sangat menguntungkan bisnis BRPT.

Berikut sentimen positif (“Jaminan”) lini bisnis BRPT, mulai dari Perkayuan / Olahan Kayu :

 

 

    

 

    

 

 

Berikutnya adalah sentimen positif (“Jaminan”) BRPT dari lini bisnis sektor Petrokimia :

 

  

 

Selanjutnya :

 

 

Selanjutnya, setelah sentimen positif (“Jaminan”) yang di dapat BRPT dari sektor bisnis olahan Kayu dan Petrokimia. Selanjutnya adalah sentimen positif dari sektor CPO nya, apa saja?, Berikut :

 

 

 

    

 

Selanjutnya :

 

    

 

 

   

 

Kemudian, setelah sentimen positif (“Jaminan”) yang di dapat BRPT dari sektor bisnis olahan Kayu, Petrokimia dan CPO. Selanjutnya adalah sentimen positif dari sektor Properti. Berikut :

 

    

 

Selanjutnya :

 

   

 

Selanjutnya adalah kinerja atau fundamental dari BRPT (5 Years) :

 

 

 

 

 

DER : Debt to Equity Ratio semakin turun akan semakin bagus. Artinya hutang semakin lebih rendah daripada ekuitas nya.

Hubungan nya dengan penilaian terhadap manajemen : Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir manajemen perusahaan terbukti begitu peduli terhadap kondisi keuangan perusahaan dengan semakin upaya penurunan hutang dengan cara meningkatkan laba perusahaan sehingga modal naik.

Ini sekaligus dapat di jadikan acuan sebagai bentuk penilaian terhadap manajemen perusahaan.

 

 

Dimulai dari LK BRPT kuartal 1 tahun 2016 sampai dengan kuartal 3 tahun 2016, Fundamental analisis dilakukan untuk mendapatkan saham yang layak sebagai value investing atau tidak sebelum di lanjutkan analisis mendetail. Sebenarnya Fundamental Analisis ini sudah dilakukan sejak awal tahun 2016 lalu. But, untuk meyakinkan boleh di lakukan lagi, (Perhatikan LK Kuartal 1 ; Tahun 2016 di gambar atas).

Perhatikan point yang di bold. LK di atas adalah LK Kuartal 1 tahun 2016 untuk BRPT.

Laba komprehensif naik (YOY) kuartal 1 tahun 2016 sangat tajam dari minus ke plus. Hal ini membuktikan kinerja BRPT dilihat dari laba komprehensif nya sangat MENARIK.

Tapi, Jika dilihat lagi pos Laba-Rugi kurs mata uang asing dan pendapatan selisih kurs mata uang asing, menjadikan kenaikan atas laba bersih BRPT menjadi kurang begitu menarik.

Terus, apa indikator pertimbangan berikutnya?. Tentu saja laba bruto nya. Disini jika laba komprehensif naik signifikan sejalan dengan laba kotor nya maka masih di pandang menarik. Meskipun ada pendapatan lain – lain hasil dari selisih mata uang asing.

Laba bruto kuartal 1 tahun 2016 (YOY) naik 287% !

Dari sini, cukup membuat BRPT menarik jika ingin mulai membeli saham BRPT di kuartal 1 tahun 2016 lalu.

 

 

 

Perhatikan point yang di bold. LK Kuartal 2 tahun 2016 untuk BRPT.

Melanjutkan kesuksesan dari kinerja kuartal 1 tahun 2016. Pada kuartal 2 tahun 2016 pada LK BRPT bisa dilihat bahwa :

Laba komprehensif (YOY) naik 27.709% !!!

Laba kotor (YOY) naik 150% !

Dari Laba komprehensif dan Laba kotor yang naik signifikan, maka bisa di hiraukan pendapatan dari selisih mata uang asing yang mencitrakan kenaikan laba hanya karena “untung – untungan” saja.

Dari hasil tersebut, tentunya untuk beli saham BRPT ini masih belum terlambat atau masih boleh HOLD sebagai strategi value investing.

 

 

 

Lalu, bagaimana dengan kinerja kuartal 3 tahun 2016 ?. Perhatikan pada LK di atas tersebut.

Maka tertera bahwa :

Laba Komprehensif (YOY) tetap terjadi kenaikan yang cukup signifikan meskipun lebih rendah dari sebelumnya, yaitu sebesar 2.918% !!

Sedangkan Laba kotor naik sebesar 201% !

Jadi, sampai dengan kuartal 3 tahun 2016 dimana pada saat itu sesaat sebelum LK di release harga saham BRPT di kisaran <Rp.1.500/lbr saham maka keputusan HOLD atau BELI masih sangat layak diperbolehkan.

TERBUKTI, Sampai detik ini harga saham BRPT naik menyentuh harga Rp. 2.520/lbr saham.

Jadi apakah ini kerjaan bandar atau pelaku pasar saham?.

Dalam strategi value investing, diperlukan bukti yang logis dari hasil analisis fundamental perusahaan.

Bagaimana dengan harga saham BRPT selanjutnya? Apa akan turun atau masih bisa naik?.

Jawabannya harus tunggu LK tahunan 2016 (LK Kuartal 4 ; Tahun 2016) BRPT release. Setelah dilakukan analisis seperti di atas maka baru bisa menentukan HOLD, BUY atau justru SELL.

Namun, di kuartal 4 tahun 2016 ini nanti ada hal yang menarik dari manajemen BRPT yang kira nya harus dipenuhi.

Melanjutkan kunci dari manajemen BRPT Group untuk menilai bagaimana LK kuartal 4 tahun 2016 nanti, sebagai berikut :

 

 

 

Menganalisis BRPT sama dengan menganalisis TPIA, Karena hasil dari kinerja TPIA akan di konsolidasikan ke LK BRPT.

Seperti yang tertera di atas, bahwa BRPT sebagai pemegang saham pengendali yang memiliki proporsi 45% dari saham TPIA.

Lalu, apa kaitan dg manajemen dan perkiraan kinerja LK kuartal 4 tahun 2016 nanti?.

Berikut :

 

 

 

Manajemen TPIA optimis kinerja perusahaan di semester 2 tahun 2016. Apakah benar bisa dicapai?.

Setelah melakukan perhitungan pada LK kuartal 3 tahun 2016.

Sangat di mungkinkan apa yang menjadi target capaian TPIA di semester 2 tahun 2016 ini nanti akan sesuai optimisme manajemen TPIA ataupun BRPT.

Artinya apa?. Dengan harga saham saat ini di Rp. 2.520/lbr saham (25 Februari 2017) maka setelah LK tahunan 2016 release, harusnya BRPT punya potensi harga sahamnya untuk lanjut minimal >Rp. 3000/lbr saham. Bahkan dengan euforia market harusnya bisa berpotensi ke Rp. 3.500/lbr saham. Dimana itu akan di capai melalui beberapa retracement wajar pada harga sahamnya.

Apa ancaman / sentimen buruk bagi kelanjutan kenaikan harga saham BRPT ?.

Dari berbagai lini bisnis anak perusahaan BRPT yang bergerak di berbagai sektor maka :

Petrokimia : Crude Oil sebaiknya tidak >US$63 Pbr.
CPO : Diharapkan tidak terjadi lonjakan pasokan atau produksi yang dapat menurunkan (tajam) harga komoditas CPO.
Perkayuan : Tidak terlalu ada hal yang di kuatirkan.
Properti : Dukungan seperti KPR, LTV dan lainnya yang ringan serta berbagai kemudahan dari sektor properti tidak atau belum ada perubahan kebijakan.

Melanjutkan analisis LK BRPT yaitu selanjutnya mulai kuartal 4 tahun 2016 sampai dengan kuartal 1 tahun 2017, Fundamental analisis dilakukan untuk mendapatkan saham yang layak sebagai value investing atau tidak sebelum di lanjutkan analisis mendetail. Analisis lanjutan ini dilakukan setelah LK Kuartal 4 tahun 2016 (LK tahunan 2016) dan LK kuartal 1 tahun 2017 di publish oleh IDX (Bursa Efek Indonesia).

 

 

 

Selanjutnya, Pada LK Kuartal 4 tahun 2016 (Semester 2 ; Tahun 2016)

Laba komprehensif kuartal 4 tahun 2016 naik (YOY) sangat tinggi sebesar 150.000% (1.500 kali lipat). Hal ini membuktikan kinerja BRPT dilihat dari laba komprehensif nya sangat MENARIK.

Laba bersih tahun berjalan naik sangat bagus (YOY) sebesar 5.400%. Meskipun kenaikan laba bersih ini tentunya di barengi dengan kenaikan beban pajak penghasilan (YOY) sebesar 238%. Namun pos pajak penghasilan seperti ini tidak mengubah apapun dari pengukuran fundamental BRPT.

Laba sebelum pajak (YOY) naik sebesar 994%. Tidak ada perubahan yang terlalu signifikan secara (YOY), Kecuali kenaikan Laba Sebelum Pajak ini cukup banyak dikontribusikan oleh penurunan akibat pos kerugian kurs mata uang asing (YOY) sebesar 87%. Tentunya kenaikan EBT (Earning Before Tax) ini kurang menarik jika terlalu signifikan di hasilkan dari kontribusi penurunan kerugian kurs mata uang asing. Hal ini dikarenakan bukan dari hasil kinerja bisnis utama perusahaan.

Kemudian, Laba Kotor naik (YOY) sebesar 250%. Menariknya kenaikan laba kotor ini memang dari hasil kegiatan bisnis utama perusahaan, dibuktikan dengan kenaikan pendapatan bersih (YOY) sebesar 39%.

Secara ringkas, hasil LK Kuartal 4 tahun 2016 cukup membuat saham BRPT masih MENARIK untuk di BELI/HOLD.

 

 

 

Selanjutnya, Pada LK Kuartal 1 tahun 2017 :

Laba komprehensif kuartal 1 tahun 2017 naik (YOY) cukup tinggi sebesar 212%. Hal ini masih membuat kinerja BRPT dilihat dari laba komprehensif nya konsisten MENARIK sejak tahun 2016.

Laba bersih tahun berjalan naik cukup bagus (YOY) sebesar 245%. Meskipun kenaikan laba bersih ini tentunya masih di barengi dengan kenaikan beban pajak penghasilan (YOY) sebesar 165%. Namun tetap saja pos pajak penghasilan seperti ini tidak mengubah apapun dari pengukuran fundamental BRPT.

Laba sebelum pajak (YOY) naik sebesar 221%. Tidak ada perubahan yang terlalu signifikan secara (YOY), Kecuali kenaikan Laba Sebelum Pajak ini cukup menarik karena kontribusi oleh penurunan akibat pos kerugian kurs mata uang asing (YOY) turun sebesar 81%. Tentunya kenaikan EBT (Earning Before Tax) ini menarik karena hasil kontribusi penghasilan dari pos yang bukan merupakan bisnis utama perusahaan hanya berkontribusi sedikit, selebihnya tentu dari kegiatan bisnis utama perusahaan atau BRPT.

Kemudian, Laba Kotor naik (YOY) sebesar 191%. Menariknya kenaikan laba kotor ini memang dari hasil kegiatan bisnis utama perusahaan dan menariknya lagi kenaikan ini hampir mencapai 100% lebih tinggi daripada kuartal 4 tahun 2016 secara (YOY), dibuktikan dengan kenaikan pendapatan bersih (YOY) sebesar 375%.

Secara ringkas, hasil LK Kuartal 1 tahun 2017 cukup membuat saham BRPT masih MENARIK tapi apakah masih layak untuk di akumulasi BELI/HOLD ?. (Hanya di Telegram BullRecommend LS akan diberikan ideal yang harus dilakukan).

Di tahun 2017 ini, BRPT kembali tengah mengembangkan transformasi lini bisnis nya. Menariknya setelah memiliki lini bisnis Petrokimia, CPO, Perkayuan (Kayu Olahan) dan Properti (Sewa Properti). BRPT mulai tahun 2017 ini memiliki bisnis energi (melalui akuisisi Star Energy). Tentunya hal ini menjadi tambahan “Jaminan” sesuai kaidah Value Investing untuk saham BRPT. Berikut :

 

 

  

 

 

    

 

Dengan di akuisisi Star Energy oleh BRPT maka jelas bahwa bisnis BRPT menjadi All in One (Transformasi bisnis skala besar). Apakah hanya itu?, BRPT melaksanakan aksi korporasi berupa Stock Split. Apakah ini MENARIK ?. Harusnya ini menarik, lalu Apakah harga saham BRPT masih akan bisa lanjut naik minimal di kisaran 6000/share seperti yang telah banyak di prediksi para analis saham?. (Semua akan di berikan disclousure / pengungkapannya mengenai kelanjutan saham BRPT ini hanya di Telegram BullRecommend LS).

Perlu diketahui bahwa saham BRPT ini pertama kali direkomendasikan pada awal tahun 2016 ketika harga saham BRPT masih di kisaran <200/share.

Kesimpulannya secara overall, BRPT di harga saham 2520/share, tentu masih CUKUP MENARIK untuk di Akumulasi BELI.

Dalam value investing, membeli saham BRPT di harga saham sebelum naik ke 2600/share adalah sangat bagus. (Reminder BELI/HOLD saham BRPT ini terbit pada tanggal 25 Februari 2017 via Telegram BullRecommend LS, saat harga saham BRPT masih di harga 2520/lbr saham)

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham BRPT ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak harga saham BRPT masih di harga 2520/lbr saham pada tanggal 25 Februari 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya). Charting TNS(TrendFollower NOT SwingTrading) di bawah ini sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS.

 

 

 

Selain itu, Bagaimana dengan Review atas Laporan Keuangan Kuartalan nya?. Tentu ini juga tidak kalah pentingnya dan yang paling di tunggu – tunggu. (Review atas LK Kuartalan [Kuartal 2 ; Tahun 2017] dapat Anda peroleh Klik —> (disini)

Dari hasil analisis saham BRPT, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham BRPT masih menarik untuk di akumulasi BELI/HOLD ? Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham BRPT ini setelah harga sahamnya naik cukup tinggi? bahkan jika Anda membelinya dan melakukan hold sejak awal tahun 2016. (Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS). (Saat hasil analisis BRPT ini di publish di website BullRecommend ini, harga saham BRPT telah mencapai 3270/lbr saham pada tanggal 12 Juni 2017 —> Closed Price.

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! )

Disclousure : Hasil analisis saham BRPT ini sudah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham BRPT masih di harga 2520/lbr pada tanggal 25 Februari 2017 [pertama kali direkomendasikan pada awal tahun 2016 ; saat harga saham BRPT masih di kisaran <200/share]. (Saat hasil analisis BRPT ini di publish di website BullRecommend ini, harga saham BRPT telah mencapai 3270/lbr saham pada tanggal 12 Juni 2017 —> Closed Price.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (Disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 1,628 times, 1 visits today)

Comments are closed.