Ada apa dengan saham SOCI ? Bagaimana kedepannya?
April 24, 2017

Antara Pertamina dan Saudi Aramco : Bagaimana dengan Petrosea? Menarik?

Antara Pertamina dan Saudi Aramco : Bagaimana dengan Petrosea?. Bagaimana dengan hubungan kerjasama PTRO dengan Pertamina melalui anak usaha Pertamina? Menarikah bagi Petrosea dengan potensi proyek kerjasama Pertamina dengan Saudi Aramco?.

Petrosea (PTRO), PT. Petrosea Tbk adalah satu – satunya perusahaan nasional yang menyediakan  jasa pertambangan lengkap di sektor industri batubara, minyak dan gas bumi di Indonesia. Keunggulan perusahaan adalah dengan menyediakan jasa pertambangan terpadu Pit-to-Port maupun life-of-mine service. Anak usaha PT. Indika Energy Tbk. (INDY) ini mempunyai pusat operasional di pulau kalimantan.

Lalu apa menariknya dari saham PTRO ini menurut kaidah Value Investing?. Sesuai syarat saham yang masuk dalam kaidah value investing adalah saham yang memiliki kinerja keuangan bagus, harga sahamnya masih undervalue, prospek kedepannya menjanjikan, ada “Jaminan eksternal maupun Internal” yang diberikan dari saham tersebut. Namun dengan kinerja keuangan PTRO yang masih memiliki raport merah, apa yang membuatnya bisa menarik?. Berikut :

Saat ini (Saat harga saham PTRO di 780/lbr) PTRO memiliki beberapa kontrak prospektif yang mendukung membaiknya kinerja kedepannya, apa saja kontrak yang baru diperolehnya dan masih akan berlangsung hingga beberapa kurun waktu kedepan? (Katakan lah beberapa tahun).

  1. Pada 11 Januari 2016, PTRO mendapat kontrak perjanjian dalam pengerjaan pemindahan lapisan tanah penutup dan pengangkutan batubara dengan PT. Anzawara Satria . Masa kontrak berlaku selama 36 bulan atau 3 tahun dengan nilai kontrak mencapai Rp. 622,09 Miliar (Pekerjaan dimulai awal tahun 2016).
  2. Perjanjian kedua berupa penetapan POSB di Tanjung Batu, Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai Operator Pusat Logistik Berikat (PLB) perdana di Indonesia oleh Pemerintah.
  3. Perjanjian bisnis ketiga dari PT. Indoasia Cemerlang. dimana Petrosea akan menangani pekerjaan pemindahan lapisan tanah penutup selama setahun. Nilai kontrak tersebut mencapai Rp. 313 Miliar.
  4. Perjanjian kontrak keempat adalah kerjasama dengan PT. Freeport beupa pembangunan tanggul.
  5. Perjanjian kotrak kelima dari PT. Binuang Mitra Bersama Blok Dua (BMB) berupa kontrak jasa pertambangan dan sewa peralatan senilai Rp. 2,5 Triliun, Konsensi untuk 4 tahun.
  6. Perjanjian kontrak keenam berasal dari PT. Kimco Armindo berupa pekerjaan jasa pertambangan pemindahan tanah penutup dengan nilai kontrak mencapai Rp. 1,57 Triliun dan jangka waktu kontrak kerjasama adalah 3 tahun.
  7. Perjanjian kontrak selanjutnya berasal dari Conoco Phillips (Grissik) Ltd (COPI) berupa kontrak kerjasama umum dengan total nilai transaksi Rp. 40,2 Miliar.

Prospek cerah dari kontrak kerjasama PTRO yang baru – baru saja di dapatkan (Rata – rata tahun 2016) ini Apakah sejalan dengan harga batubara atau migas ?. Berikut :

_

_

 

_

 

_

 

Perhatikan, jelas sekali bahwa PTRO saat ini (Di harga 780/share) sangat undervalue dan penurunan tajamnya di dukung oleh dampak dari harga migas (Crude Oil) dan batubara (New Castle COAL) yang tidak bagus. Mengingat bahwa PTRO adalah jasa pertambangan lengkap di sektor migas (Crude Oil) dan batubara (New Castke COAL). Lalu, bisa di lihat mulai tahun 2016 ini migas (Crude Oil) dan batubara (New Castle COAL) akan membaik. Jadi bagaimana dengan PTRO?.

Tentu saja juga akan sangat membaik, tinggal tunggu waktu saja semakin banyak kontrak proyek yang masuk dari sektor migas dan batubara yang akan dapat menguntungkan PTRO ini. Hanya perlu waktu saja, Saham PTRO ini kembali naik seperti saat harga batubara dan minyak mentah membaik, mari kita lihat dalam jangka pendek-menengah nanti bagimana Market/Pasar meresponnya

_

 

_
_

Menariknya adalah saat tahun 2012 s.d 2016(Kuartal 1) DER dari PTRO turun terus yang mengartikan bahwa manajemen masih peduli mengurangi hutang PTRO di saat harga Batubara & Minyak Dunia nya belum cukup bagus.

Apa bagus nya?. Tentu saja ini sangat bagus bagi PTRO. Mulai tahun 2016 sampai selanjutnya ketika harga batubara dan minyak dunia membaik akan di barengi dengan menurunnya hutang PTRO. Tentu nya hasil laba nya nanti tidak akan terlalu banyak di pangkas oleh pembayaran hutang bunga dari hasil pinjaman.

Ini yang menjadi perhitungan di harga <800/lbr saham ini PTRO masih sangat MENARIK untuk di BELI atau di HOLD.

Cukup dengan melihat valuasi bisnis nya sudah jelas bahwa PTRO sangat undervalue dengan prospek yang cerah di dukung oleh membaiknya harga batubara dan minyak dunia serta kontrak kerjasama yang dimiliki PTRO.

_

Lalu . . . . .

Antara Pertamina dengan Saudi Aramco. Bagaimana dengan Petrosea (PTRO) ?

Ada potensi MENARIK untuk PTRO.

336 Triliun bangun kilang minyak baru bukan jumlah yang sedikit. Yakin PTRO tidak kecipratan dari Pertamina atas Saudi Aramco ?

_

 

 

 

_

 

Aramco dan Pertamina tinggal menunggu waktu untuk merealisasikan kerjasama nya.

Bagaimana dengan PTRO dan Pertamina ?

_

 

 _

PTK yang notabene merupakan milik Pertamina sejak 2015 telah ada MoU khusus dalam bisnis perminyakan. Jadi, pertanyaan untuk apakah kaitan Saudi Aramco, Pertamina dan Petrosea jelas sudah terjawab.

Sebelum ada nya rencana Aramco dengan Pertamina. Pertamina sudah mempercayai PTRO untuk mengurusi beberapa lini bisnisnya.

Setelah Saudi Aramco dan Pertamina progress dalam bangun kilang minyaknya. Yang dimana Aramco ingin bisnis minyak hulu hingga hilir. Tentu nya PTRO yang meru­pakan perusahaan na­sional Indonesia dengan pengalaman lebih dari 42 tahun dalam bidang per­tambangan, konstruksi rekayasa dan jasa pelayanan logistik lepas pantai dan kon­traktor. Potensi besar untuk mendulang “hajatan” besar dari Aramco melalui Pertamina via anak perusahaan pertamina seperti PTK dan lainnya.

Jika sudah ada MoU PTK dengan Petrosea(PTRO), maka bisa dikatakan bahwa lini bisnis PTK juga merupakan lini bisnis PTRO.

_

 

         

_

 

Cukup jelas bahwa PTRO sangat MENARIK dari kaidah Value Investing.

Jangan lupa kunjungan Raja Salman pada 1 s.d 9 Maret 2017 nanti.

Saudi Aramco –>Pertamina –> Petrosea (Melalui anak usaha Pertamina).

Kilang minyak 336 Triliun – Kilang Minyak – Hulu hingga Hilir.

_

Lalu, bagaimana sebagai value investor melihat kinerja dan prospek PTRO yang MENARIK ini dan tentu pada harga saham yang masih Lowest? Apakah tunggu harga sahamnya naik dulu baru BELI?.

Melihat harga saham PTRO yang ideal nya memang sudah di titik paling Lowest maka tentu hal ini bisa segera di manfaatkan untuk akumulasi BELI/HOLD.

Singkatnya adalah PTRO masih layak di manfaatkan untuk di BELI/HOLD saat retracement harga sahamnya di harga <800. (Reminder BELI/HOLD saham PTRO ini terbit pada tanggal 26 Februari 2017 via Telegram BullRecommend LS, saat harga saham PTRO masih di harga 780/lbr saham).

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham PTRO ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak harga saham PTRO masih di harga 780/lbr saham pada tanggal 26 Februari 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya).

_

_

Selain itu, Bagaimana dengan Review atas Laporan Keuangan Kuartalan nya?.

Tentu ini juga tidak kalah pentingnya dan yang paling di tunggu – tunggu. (Review atas LK Kuartalan [Kuartal 1 ; Tahun 2017] saham PTRO ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS [Dalam bentuk E-Book PDF Ter-password] sejak Laporan Keuangan PTRO Kuartal 1 ; Tahun 2017 di Publish via IDX / BEI). Beberapa hal Kami BLUR untuk kepentingan ekslusivitas Anggota / Members BullRecommend LS.

_

 _

Di Bulan Juni ; Tahun 2017 ini, PTRO kembali mendapatkan kontrak kerjasama dari PT. Maruwai Coal dengan nilai kontrak yakni Rp. 1,27 Triliun.

Tentunya hal ini menjadi tambahan “Jaminan” sesuai kaidah Value Investing untuk saham PTRO.

Berikut :

_

_

Dengan di tambahan kontrak kerjasama yang didapatkan oleh PTRO maka jelas bahwa ruang lingkup pekerjaan PTRO menjadi semakin besar dan tentu dapat memberikan tambahan pendapatan keuangan bagi PTRO.

Apakah harga saham PTRO masih akan bisa lanjut naik minimal di kisaran >1350/share seperti tertuang dalam Charting T.N.S BullRecommend ?. (Semua akan di berikan disclousure / pengungkapannya mengenai kelanjutan saham PTRO ini hanya di Telegram BullRecommend LS).

Disclousure : Hasil analisis saham PTRO ini telah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham PTRO masih di harga 780/lbr pada tanggal 26 Februari 2017.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

 

(Visited 1,486 times, 1 visits today)

Comments are closed.