Ada apa dengan saham SOCI ? Bagaimana kedepannya?
April 24, 2017
ERAA dengan GARMIN di tengah semakin canggihnya SmartPhone. Saat ini, Apakah menarik di tahun 2017?
April 28, 2017

Antara Saham KBLI dan Proyek Pembangkit Listrik 35.000MW, masih menarik?

Saham KBLI dan Proyek Pembangkit Listrik 35.000MW, masih menarik kah?.

Pembangkit Listrik sangat diperlukan bagi kehidupan manusia untuk berbagai hal.

 

35.000 MW —> Pembangkit Listrik JUMBO yang akan di selesaikan untuk sumber tenaga listrik Indonesia.

Jika melihat hal ini, tentu ada hubungannya dengan PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (PT. PLN) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kewajiban untuk menyediakan kebutuhan listrik di Indonesia.

Namun, dari sini bisa di dapatkan perusahaan go publik mana yang paling di untungkan dengan adanya proyek 35.000MW tersebut.

 

Adalah KBLI —> Mendapatkan sentimen sangat POSITIF dari proyek PLTU 35.000 MW.

PT KMI Wire and Cable Tbk (KBLI) bergerak di bidang Pembuatan kabel dan kawat alumunium dan tembaga serta bahan baku lainnya, beserta seluruh komponen, suku cadang, asesori yang terkait dan perlengkapanperlengkapannya, termasuk teknik rekayasa dan instalasi kabel. Perseroan merupakan salah satu pemasok kabel listrik ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), perusahaan listrik negara. Perseroan ini juga pemasok kabel utama ke sektor swasta, yaitu properti industri, minyak dan gas, pertambangan, dan industri lainnya, baik secara langsung maupun melalui rantai distributor dan reseller. Jenis kabel yang diproduksi perseroan adalah kabel listrik aluminium dan kabel listrik tembaga. Hasil produksi Perseroan dipasarkan di dalam negeri dan luar negeri.

Sebelum masuk lebih dalam untuk menganalisis KBLI, Yang paling utama dalam value investing adalah memastikan dengan mempelajari dulu apa “JAMINAN” sentimen positif untuk saham tersebut. Jaminan yang dimaksud adalah suatu fenomena atau moment yang sangat jarang terjadi. Proyek 35.000 MW adalah salah satu “JAMINAN” yang dimaksud karena sejak IPO KBLI sampai dengan sebelum adanya rencana Proyek 35.000MW, KBLI baru kali ini berpotensi akan merasakan “JAMINAN” sentimen positif ini.

 

 _
 _
_
 _
 _
 _
 _
 _
 _
 _

Setelah di pahami dan di pelajari katalis positif atau “JAMINAN” sentimen positif dari 35.000 PLTU untuk KBLI (PT KMI Wire and Cable Tbk).

Selanjutnya analisis fundamental perusahaan tersebut.

 

                                     
 _

KBLI selama kurun waktu 5 tahun secara historis memiliki NPM dan NI yang menarik. Namun DER tidak berubah signifikan. Apa bisa di toleransi?.

Jika pertanyaan ini bisa di jawab dengan positif maka penurunan DER yang sedikit ini bisa di toleransi dan diperlukan analisis lebih detail untuk DER, berikut :

_

                                       
 _
                                 
 _

Ratio DER jika dilihat dari grafik memang kurang menarik, karena tidak ada nya pengurangan hutang yang signifikan.

Namun hutang KBLI ternyata untuk kebutuhan Ekspansi demi menyambut proyek – proyek besar (35.000 MW dan lainnya) maka DER sangat bisa di toleransi.

Pospek KBLI jelas sangat menjanjikan.

 

                                                     
 _

Analisis fundamental yang perlu dilakukan untuk perusahaan yang memiliki prospek cerah (Dalam hal ini KBLI prospek proyek 35.000 MW dari PLN), maka yang perlu di cermati adalah CASH FLOW nya untuk membuktikan “sepak terjang” manajemen perusahaan apakah sejalan dengan prospek yang di dapatkan.

Tentu nya hal ini setelah memastikan sisi dari Income dan Hutang nya aman, tadi sebelumnya selesai di analisis dan terbukti aman.

Lalu, lanjut ke CASH FLOW untuk menilai kegigihan manajemen serta kesehatan keuangan perusahaan tersebut atau dalam hal ini KBLI. Sebagai berikut :

Analisis terhadap Cash Flow KBLI kuartal 1 tahun 2016 s.d kuartal 3 tahun 2016.

_

 

_

Analisis fundamental yang perlu dilakukan untuk lebih efektif dan efisien nya adalah dengan memperhatikan penurunan atau kenaikan yang signifikan pada pos – pos penting dan krusial.

Kas yang dihasilkan dari aktivitas operasi (YOY) naik 966% !! –> Hal ini menunjukan kinerja yang sangat bagus dari hasil arus penerimaan kas.

Hasil (penempatan) asset lainnya posisi minus yang meningkat sebesar 836% ! –> Hal ini positif bagi KBLI karena pengeluaran kas di gunakan untuk diversifikasi pada asset lainnya (Beli saham atau surat berharga lainnya)

Hasil penjualan asset tetap (YOY) nihil –> Hal ini cukup bagus, karena penjualan asset tetap yang terlalu sering atau besar bukan hal yang bagus.

Pada aktivitas pendanaan (YOY) terdapat jumlah yang signifikan yaitu pembayaran utang bank yang naik sebesar 1.410% !! –> Hal ini menunjukkan manajemen peduli untuk melunasi hutangnya.

Cash flow kuartal 1 tahun 2016 didapatkan cash flow yang sehat untuk KBLI serta manajemen yang masih pada tujuan prospek perusahaan.

_

 _

Cash flow kuartal 2 tahun 2016 untuk KBLI :

Kas di hasilkan dari aktivitas operasi (YOY) naik signifikan dari nilai minus ke nilai positif. Jika seperti ini di jabarkan sebagai kenaikan yang luar bisa signifikan sangat bagus.

Penerimaan bunga dari arus kas aktivitas pendanaan (YOY) naik sebesar 205%. Meskipun memberikan kas positif namun penerimaan kas dari pendapatan bunga tidak begitu menarik, karena hal tersebut tidak sejalan langsung dengan bisnis utama perusahaan.

Pembayaran hutang bank meningkat cukup signifikan (YOY) sebesar 240%, Yang artinya manajemen masih peduli terhadap pengurangan hutang perusahaan.

Cash flow kuartal 2 tahun 2016, fundamental KBLI masih cukup bagus.

_

 

 _

Sampai dengan cash flow kuartal 3 tahun 2016, kinerja KBLI masih menarik dengan cash flow yang cukup sehat.

Dimana arus kas operasi nya (YOY) konsisten menghasilkan hasil yang positif.
Artinya apa?.

Jika di hubungkan dengan grafik harga sahamnya, akan saling berbanding lurus antara kinerja dan harga sahamnya.

Maka dari itulah Review atas LK Kuartalan perusahaan sangat ideal untuk menetukan apakah saat sudah memiliki sahamnya masih boleh HOLD atau harus JUAL/SELL atau bahkan masih boleh untuk BELI sahamnya.

 

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham KBLI ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak harga saham KBLI masih di harga 316/lbr saham pada tanggal 18 Februari 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya).

_

 

 _

Dari hasil analisis saham KBLI, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham KBLI masih menarik untuk di akumulasi BELI ? (Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS.

Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us !

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Sekalipun mungkin telah banyak yang merekomendasikan nya. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti saham suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Disclousure : Hasil analisis saham KBLI ini sudah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham KBLI masih di 316/lbr saham (18 Februari 2017).

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

(Visited 1,667 times, 2 visits today)

Comments are closed.