Asia Pacific Fibers : Menariknya Bisnis Industri Kimia dan Serat Sintetis di Tengah Dorongan Revitalisasi Industri Tekstil ? :: Saham POLY Menarik (2018) ?

Indomobil Sukses Internasional : Menariknya Bisnis Otomotif Menjelang Revolusi Kendaraan Listrik – Respon IMAS Sebagai Salah Satu Perusahaan Otomotif Terbesar ? :: Saham IMAS Menarik (2018) ?
May 11, 2018
Holcim Indonesia : UnderValue, Brand, Market Share and Experience, Nothing To Lose mempunyai saham SMCB ? :: Good or Bad ?
July 9, 2018
Show all

Asia Pacific Fibers : Menariknya Bisnis Industri Kimia dan Serat Sintetis di Tengah Dorongan Revitalisasi Industri Tekstil ? :: Saham POLY Menarik (2018) ?

Menariknya saham POLY : Mulai dari fundamental recovery yang telah ditunjukkan pada LK 4Q17/FY17 hingga LK 1Q18/3M18 POLY, upaya pembukaan pasar – pasar baru di luar negeri, peningkatan produk bernilai tambah, penyelesaian persoalan terkait restrukturisasi utang dan adanya program revitalisasi industri tekstil terutama perbaikan pada sektor hulu dimana POLY termasuk pada sektor hulu tekstil, maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham POLY ?

Apakah harga saham POLY sanggup mencapai ke >180/share ?.

 

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs bullrecommend.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu bahkan hingga menjelang semester satu tahun 2018 Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit tinggi seperti saham INKP yang bisa Anda baca [ disini ], saham ERAA yang bisa Anda baca [ disini ], saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham KOBX yang bisa Anda baca [ disini ], saham IMAS yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham POLY di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan bullrecommend.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham POLY maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Perlu Anda ketahui bahwa saham POLY ini telah diberikan Reminder / Disclousure Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham POLY masih berada di harga <115/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS oleh BullRecommend.

Hasil analisis [terbatas] saham POLY ini di publish via Website BullRecommend Juni 2018. Tentunya Ebook Review analisis saham POLY telah di publish lebih dulu secara RealTime via email (sejak menjelang akhir kuartal I tahun 2018 // via Ebook Kuartal 4Q17/FY17).

Berikut adalah ScreenShoot Reminder Akumulasi BELI saham POLY di harga <115/share (Setiap / selama harga saham POLY di harga layak akumulasi) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Screenshot reminder akumulasi beli saham POLY ( < 115/share )

Berikut adalah ScreenShoot Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham POLY via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Screenshot akumulasi beli saham POLY ( 112/share )

Berikut adalah ScreenShoot hasil review analisis Laporan Keuangan per kuartal saham POLY pada Ebook 4Q17/FY17 via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

     

—- Ebook Kuartal terkait saham POLY [Ebook 4Q17/FY17] telah terbit via Email —

Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 4Q17/FY17 saham POLY yang telah terbit beberapa waktu lalu [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

[Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan[4Q17/FY17] saham POLY ini terbit sejak menjelang akhir kuartal I tahun 2018. [Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham POLY telah diberikan terlebih dahulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham POLY masih berada dikisaran 100/share-115/share]

Kali ini saham pilihan Penulis selanjutnya terkait dengan saham sektor industri dasar dan kimia atau sub-sektor masih bisa dikatakan terkait bahan dasar industri tekstil. Yups, jika seringkalinya para investor mengenal saham SRIL atau PT. Sri Rejeki Isman Tbk. yang mana merupakan saham produsen produk tekstil, namun kali ini lebih terkait ke produk hulu dari sektor tekstil nya atau bahan dasarnya, yaitu adalah saham perusahaan POLY atau PT. Asia Pacific Fibers Tbk. .

PT Asia Pacific Fibers Tbk. atau POLY bergerak dalam ruang lingkup industri kimia dan serat sintetis, pertenunan dan perajutan serta aktivitas lainnya yang berhubungan dengan industri tekstil [Catatan : produk dasar tekstil atau sektor hulu tekstil]. Perusahaan memasarkan produknya di dalam negeri dan luar negeri atau internasional, termasuk Eropa, Amerika Serikat, Asia, Australia, dan Timur Tengah.

Sebelumnya nama PT. Asia Pacific Fibers Tbk. adalah PT. Polysindo Eka Perkasa Tbk. yang didirikan tanggal 15 Februari 1984 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1986. Induk usaha PT. Asia Pacific Fibers Tbk. atau POLY adalah Damiano Investments BV., didirikan di Belanda, sedangkan induk usaha utama adalah ADM Capital and Spinnaker Capital Group, yang mana masing-masing didirikan dan berdomisili di Hong Kong dan Inggris.

Lalu, apa yang membuat saham POLY menarik setidaknya sampai dengan saat review ini ditulis ?.

Pertama, kinerja yang tercermin dalam laporan keuangan 4Q17/FY17 saham POLY mulai menunjukkan adanya recovery fundamental[Catatan : selengkapnya bisa dibaca di bagian bawah uraian ini, tepatnya bagian review Kinerja Keuangan (Fundamental) dari POLY]

Kedua, dari hasil comparasi maka saham POLY merupakan saham yang masih bisa dikatakan dan menunjukkan kinerja dan valuasi lebih menarik ketimbang saham dalam bidang sejenis atau setidaknya dalam sektor yang sama seperti saham TFCO, UNIT, ERTX, SSTM, BELL dan sebagainya.

Ketiga, terkait “Jaminan Eksternal” [Catatan : Penulis biasa menggunakan “Jaminan Eksternal” sebagai pertimbangan dalam memilih saham Pilihan dan Penulis yakin para Anggota BLS yang setidaknya telah cukup lama atau setidaknya telah JOIN 1 tahun terakhir pasti tahu fungsi dari pertimbangan adanya “Jaminan Eksternal” pada hasil analisis komprehensif yang Penulis berikan], Jadi di tahun 2018 ini untuk industri tekstil khususnya sektor hulu menjadi industri prioritas pemerintah via program revitalisasi industri tekstil.

Keempat, ekspansi berupa nilai tambah produk POLY tengah dilakukan guna meningkatkan hasil dari penjualan ke luar negeri atau internasional. Produk yang ditingkatkan POLY adalah Technical Textile yaitu seperti serat tahan api [Baca : Flame Retardant] , bukan tanpa alasan POLY meningkatkan nilai produk tersebut, dikarenakan permintaan produk tersebut [Baca : Flame Retardant] di pasar skala global sedang tinggi.

Berbeda dengan di Indonesia dimana permintaan produk Flame Retardant belum terlalu tinggi atau bisa dikatakan belum ada kenaikan permintaan yang sifnifikan dikarenakan belum ada kebijakan atau standart terkait atau yang mengatur secara khusus keharusan penggunaan Flame Retardant pada produk – produk tertentu seperti industri otomotif dan pakaian penahan panas dimana standart ini telah banyak di gunakan di kawasan Eropa, Turki, Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

Kelima, Skema Jual – Beli bahan baku jangka panjang yang dilakukan POLY cukup efektif mengantisipasi pelemahan nilai tukar kurs rupiah terhadap dollar, dimana hampir sebagian besar bahan baku industri tekstil berasal dari import. Tentu saja skema yang dilakukan POLY bisa menjadi nilai positif dari kinerja manajemen POLY.

Keenam / Terakhir, Kinerja POLY di akhir 2017 menunjukkan peningkatan atau biasa Penulis katakana Recovery Fundamental yang tidak bisa di nilai biasa saja. Selain itu, menariknya POLY terus tengah memperbanyak porsi produk bernilai tambah atau value added, membuka dan memperbesar pasar – pasar baru di luar negeri atau internasional dan yang paling krusial atau sebagai penilaian penting bahwa POLY memiliki upaya menyelesaikan permasalahan restrukturisasi utang berjaminan perusahaan.

Singkatnya, Penulis memang masih harus menunggu setidaknya untuk tahu kinerja di kuartal 1 tahun 2018 sebagai bentuk make sure atau memastikan recovery fundamental POLY masih konsisten berlanjut dan untuk saat ini [Baca : saat review ini ditulis di akhir kuartal pertama tahun 2018] saham POLY masih berpotensi menarik dan layak akumulasi di valuasi atau harga tertentu.

Namun, apakah benar harga saham POLY akan mampu naik cukup tinggi dari harganya saat ini ?. Let’s see the market !

Di atas adalah review analisis Penulis via Ebook Kuartalan (4Q17/FY17) saham POLY. Selanjutnya, karena saat review saham POLY ini akan di publish via website bullrecommend.com kebetulan Ebook 1Q18/3M18 saham POLY telah selesai maka di bawah ini akan sekaligus Penulis berikan khusus poin – poin detail review Laporan Keuangan saham POLY pos per pos [Catatan : namun tetap Penulis sengaja berikan secara terbatas untuk menjaga Ekslusivitas Anggota BLS] dimana dalam review LK 1Q18/3M18 saham POLY ini akan menjawab pertanyaan mengenai “kepastian recovery fundamental POLY apakah benar masih konsisten berlanjut atau tidak”.

Here we go !

Berikut poin – poin signifikan Kinerja Keuangan (Fundamental) dari POLY jika di komparasi secara YOY (Year on Year) menggunakan Laporan Keuangan (YOY – 3M17 vs 3M18).

Laba yang dihasilkan POLY masih bersumber dari bisnis utama perusahaannya yaitu pendapatan dari penjualan Fibre, Yarn, Chips dan Fleece yang naik secara YOY [Catatan : kenaikan signifikan terdapat pada segmen pendapatan lokal]. Namun, terdapat pendapatan ekspor yang hasil nya menurun secara YOY yaitu pendapatan dari Fibre, Chips dan Fleece, meski pendapatan ekspor dari Yarn masih mampu naik atau meningkat sebesar 31% (YOY).

Selanjutnya, meski pendapatan dari bisnis utama POLY naik, pendapatan dari segmen bukan utama POLY menunjukkan penurunan sebesar 46% (YOY), namun mengingat penurunan tersebut bukan dari pendapatan atas bisnis utama POLY dan proporsi nya tidak dominan atau hanya berkontribusi sebesar kurang dari 1% total pendapatan POLY secara keseluruhan maka penurunan pendapatan lain tidak cukup dapat membuat kinerja kenaikan pendapatan POLY menjadi buruk.

Kenaikan Laba Bruto POLY bisa dikatakan bagus dimana terdapat kenaikan Beban Pokok Penjualan sebesar 15% (YOY) atau 21% lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan Pendapatan secara (YOY). Tentu saja ini merupakan indikator yang menunjukkan adanya efisiensi proses perolehan pendapatan yang terjaga wajar untuk POLY [Catatan : efisiensi dan optimalisasi kinerja POLY ini masih “similar” dengan kuartal sebelumnya].

Meski penurunan (Rugi) selisih kurs berkontribusi positif dalam penurunan (Rugi) sebelum pajak namun tentu pos yang tidak terkait aktivitas bisnis utama perusahaan atau dalam hal ini aktivitas utama bisnis POLY tentu tidak masuk dalam poin penilaian positif kinerja perusahaan.

But, terdapat indikator positif yang ditunjukkan dengan menurunnya pos pendapatan lain – lain sebesar 83% (YOY), kenapa perubahan yang menunjukkan penurunan pos pendapatan lain – lain ini menjadi acuan positif ?.

Yups, karena dengan menurunnya pos pendapatan lain – laindibarengi dengan laba sebelum pajak yang meningkat atau naik signifikan maka itu artinya upaya recovery fundamental POLY bukan signifikan dan dominan hasil kontribusi dari Pendapatan Lain – Lain atau dengan kata lain perbaikan kinerja POLY adalah signifikan lebih dominan di kontribusi dari Pendapatan hasil aktivitas bisnis utama POLY seperti Fibre, Yarn, Chips dan Fleece yang naik secara YOY !

Tidak ada pos pengeluaran lain selain Pembelian Asset Tetap pada 1Q18/3M18 POLY. Jadi, Penulis bisa mengatakan bahwa POLY mengalihkan dana kas nya untuk di ubah menjadi asset yang tentu berguna sebagai bentuk rencana strategis jangka menengah hingga panjang untuk peningkatan kinerja kedepannya.

[Catatan : perubahan pada Investing Cash Flow POLY juga masih “similar” dengan kuartal sebelumnya meski dengan fokus aktivitas bertujuan investasi yang lebih signifikan].

Pada Financing Cash Flow LK 1Q18/3M18 POLY telah menunjukkan upaya positif dalam pemenuhan kewajiban dan pengurangan hutang – hutangnya yang tentu saja dapat mengurangi biaya – biaya di luar bisnis utama seperti biaya bunga pinjaman dan semacamnya yang dapat mengikis laba perusahaan kedepannya.

Kesimpulannya POLY masih mempertahankan fundamental yang menarik setidaknya sejak akhir tahun 2017 lalu[Catatan : recovery fundamental nya bisa dikatakan masih signifikan hingga1Q18/3M18] dan terutama dengan terus dilakukannya upaya pembukaan pasar – pasar baru di luar negeri, peningkatan produk bernilai tambah, penyelesaian persoalan terkait restrukturisasi utang dan adanya program revitalisasi industri tekstil yang segera di wujudkan pemerintah terutama perbaikan pada sektor hulu dimana POLY berada pada sektor hulu tekstil ini. [Catatan : kinerja POLY pada 1Q18/3M18 ini akhirnya masih sesuai dengan ekspektasi penulis, dimana penulis telah uraikan pada kuartal sebelumnya soal hasil kinerja POLY di kuartal selanjutnya]

Saat review saham POLY ini di publish via website bullrecommend.com harga saham POLY berada dikisaran 128/share.

So, setelah tahu opportunity dari [Baca : PLAN / rencana] upaya pembukaan pasar – pasar baru di luar negeri, peningkatan produk bernilai tambah, penyelesaian persoalan terkait restrukturisasi utang dan adanya program revitalisasi industri tekstil yang segera di wujudkan pemerintah terutama perbaikan pada sektor hulu dimana POLY berada pada sektor hulu tekstil, beberapa PLAN menarik POLY, valuasi saham POLY yang masih belum cukup mahal atau UnderValue dan mulai adanya recovery fundamental yang signifikan maka akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham POLY masih menarik untuk di akumulasi BELI ?.

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham POLY ini setelah harga sahamnya naik (Sejak di berikan Reminder / Disclousurenya via Telegram BullRecommend LS untuk melakukan Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham POLY masih di kisaran <115/share) ?.

Apakah harga layak akumulasi saham POLY masih sama atau masih layak di Upgrade setelah melihat hasil LK 4Q17/FY17 atau bahkan LK 1Q18/3M18 nya ?

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media

 

 

 

 

(Visited 1,130 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *