ERAA dengan GARMIN di tengah semakin canggihnya SmartPhone. Saat ini, Apakah menarik di tahun 2017?
April 28, 2017
Antara MSCI Global Index, Ekspansi Proyek, Kebijakan Pemerintah dan Fundamental PWON. Peluangkah ?
May 4, 2017

Dibalik hubungan BNGA dengan Properti dan Infrastruktur, Menarik?

Saham BNGA di tahun 2017, semenarik apa hubungannya dengan sektor Properti dan Infrastruktur?. Tidak semua Investor saham mengetahui kaitan dari menarik atau tidaknya hubungan ini (Karena sebagian besar hanya berpatokan pada hasil Fundamental dan atau (Mungkin) malah Teknikal saja) : BNGA –> Properti & Infrastruktur.

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) bergerak di bidang usaha Bank Umum, Bank Devisa dan Bank yang melakukan kegiatan berdasarkan prinsip Syariah. Perseroan menawarkan produk dan layanan perbankan konvensional dan syariah yang komprehensif dengan gabungan kekuatan di bidang Perbankan Konsumer, Usaha Menengah Kecil dan Mikro, Perbankan Komersial dan Korporat, Tresuri serta layanan pembayaran. CIMB Niaga memiliki dua anak perusahaan yang bergerak dalam pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor, yaitu PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) dan PT KITA Finance (KITAF) dengan kepemilikan saham masing-masing sebesar 99,9% dan 51,0%. Per 31 Desember 2014, jumlah jaringan kantor cabang CIMB Niaga adalah 964 cabang dengan 3.272 unit ATM, 175 unit Self-Service Terminal/SST, serta 666 unit Cash Deposit Machine/CDM.
Bagaimana dengan fundamental BNGA? Semenarik apa?.
                                                      
NPM dari BNGA dalam setahun meningkat secara konsisten luar biasa sekali, pertumbuhannya >340%. Hal ini sangat MENARIK untuk kinerja fundamental BNGA.
Penurunan pada DER untuk BNGA tidak terlalu signifikan. Hal ini tidak menjadikan nilai negatif untuk kinerja fundamental dari BNGA dalam kurun waktu setahun.
P/E dari BNGA lebih bagus dibandingkan industri dan sektor nya. Terlihat juga bahwa P/E dalam kurun 5 tahun terakhir BNGA mengalami perbaikan kinerja. Hal ini bisa dilihat dari P/E high – Last yrs 34,95 –> 12,31 (Actual) artinya mengalami perbaikan s.d 184%.
Price to sales, to book dan to cash flow –> ke tiga nya jauh lebih baik dibandingkan dengan industri dan sektor nya. Bahkan tingkat perbandingan 20% s.d 210% lebih baik dari industri dan sektor.
Dalam kaidah value investing, dalam keputusan untuk membeli suatu saham tidak hanya fundamental yang dilihat TAPI juga “Jaminan” yang diberikan saham tersebut. Lalu apa “Jaminan” dari BNGA?
                                   
                                    
Terbukti bahwa sepanjang tahun lalu NPM BNGA naik tajam dan sangat menarik. Hal tersebut tentu salah satu nya kontribusi dari penyaluran KPR yang juga sesuai dengan program pemerintah. Dan… ini akan masih potensi besar lanjut di 2017.
Lalu, Apa “Jaminan” membeli saham BNGA dari eksternal atau luar perusahaan?.
NB : BNGA = Sektor Properti (Selain sektor perbankan itu sendiri)
                                  
Jelas bahwa “Jaminan” ini sangat potensial dan efektif dalam mengambil keputusan membeli saham BNGA di harga tertentu sesuai kaidah value investing.
Selain itu, apalagi “Jaminan” lainnya dari BNGA?
                               
                               
Lalu, Apa “Jaminan ” dari saham BNGA yang tidak kalah menariknya?.
Proyek Infrastruktur dan Jalan Tol !!
Hal ini sangat menarik, dimana tentunya sebelum program pemerintah yang gencar melakukan pembanguna infrastruktur dan jalan tol, BNGA baru mulai tahun ini akan merasakan manis nya proyek pemerintah di era Pak Jokowi ini.
BNGA = Sektor Properti dan Infrastruktur (Tidak hanya sektor perbankan).
Hal ini disebut matriks sumber potensial dari pendapatan BNGA.

NPF dari BNGA semakin menarik atau turun (YOY). Lalu, Apakah ada “Jaminan” khusus dari saham BNGA menurut kaidah value investing?. Ada, berikut :

Saham BNGA yang beredar di publik hanya sebesar 8,5% saja. Tidak banyak yang tahu bahwa ketika perusahaan tersebut berkinerja bagus (Fundamental) dan atau berprospek cerah namun jumlah proporsi saham yang beredar di publik jauh lebih kecil daripada jumlah saham non-publik maka hal ini sangat berpotensi melejitkan harga sahamnya. Kenapa?, Hal ini juga masuk dalam hukum ekonomi Demand vs Supply. Dimana ketika suatu barang bagus dan sangat diminati banyak orang namun jumlahnya hanya sedikit maka ini akan meningkatkan nilainya. Kenapa? Karena Demand > Supply.
Artinya apa?, Sangat bagus jika saham beredar BNGA masih <10%. Asalkan tidak lebih kecil dari batasan Floating saham beredar.
Benarkah hal tersebut sangat logis dan efektif?.
Benar, seperti saham beredar pada TPIA, AGRO, NIKL dan beberapa saham lain.
Akan lebih bagus lagi jika saham beredar BNGA lebih kecil dari 8,5% karena BNGA masih dan akan berprospek cerah. Apakah ini mungkin atau akan terjadi?.
Dan…
Ya! ,BNGA berencana melakukan Buyback saham nya sebesar maksimum 2%. Dimana bahwa buyback biasanya dilakukan ketika harga saham suatu perusahaan sudah murah atau terlalu murah. Artinya apa?. Artinya bahwa sangat layak saham BNGA ini di akumulasi BELI pada harga tertentu sesuai kaidah value investing (Rekomendasi ini terbit sejak tanggal 06 April 2017 saat BNGA di harga 1040/lbr saham, tentunya Anggota BullRecommend LS telah melakukan akumulasi BELI pada saat itu).
Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham BNGA telah di publish lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham BNGA masih di 1040/lbr saham pada tanggal 06 April 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya). Charting TNS(TrendFollower NOT SwingTrading) di bawah ini sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS.
Setelah hasil analisis BNGA ini di publish lebih dulu via Telegram BullRecommend LS dan tepat sebelum Laporan Kuartal 1 tahun 2017 release atau terbit, hasil analisis Value Investing ala BullRecommend ini terbukti sangat signifikan efektif dimana terbuti Laba yang diperoleh BNGA (YOY : 1Q17 vs 1Q16) naik signifikan pada kuartal 1 tahun 2017 sebesar 138% !!! atau Rp.639M vs Rp.268M sesuai analisis BullRecommend yang menyebutkan bahwa BNGA di tahun 2017 akan potensi mendulang profit/laba jumbo.
Dari hasil analisis saham BNGA, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham BNGA masih menarik untuk di akumulasi BELI ?. (Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS)
Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.
Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading saham BNGA selengkapnya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. ( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! )
Disclousure : Hasil analisis saham BNGA ini sudah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham BNGA masih di harga 1040/lbr pada tanggal 06 April 2017. (Saat hasil analisis BNGA ini di publish di website BullRecommend ini pada tanggal 29 April 2017, harga saham BNGA telah mencapai 1270/lbr saham)
Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.
Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan email JOIN di bullrecommend@gmail.com atau Klik Disini
Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut : Klik Disini
Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik Disini
Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS, bisa chek disini : Klik Disini
Apa itu Value Investing BullRecommend ?, Jawabannya lihat disini : Klik Disini
NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.
(Visited 723 times, 1 visits today)

Comments are closed.