Docking Kapal dan Murahnya Valuasi Saham : MBSS Bersiap Merespon Menariknya Harga Batubara dan Potensi Mega Proyek Pembangkit Listrik :: Bagaimana MBSS selanjutnya (2018) ?

4 Poin & MVI – BUMI Menarik ? : BUMI Rebound or Reborn 2017/2018 ?
October 29, 2017
Valuasi Murah Saham SMDR dan 37 Terbesar dari 100 TOP Alphaliner di Dunia Serta Akuisisi Terminal Ditambah Galangan Kapal Baru SMDR (2017) : Bagaimana SMDR Dengan Kapal Eco-Design Selanjutnya (2018) ?
November 23, 2017

Docking Kapal dan Murahnya Valuasi Saham : MBSS Bersiap Merespon Menariknya Harga Batubara dan Potensi Mega Proyek Pembangkit Listrik :: Bagaimana MBSS selanjutnya (2018) ?

Proses selesai docking kapal dibarengi dengan murahnya valuasi harga saham PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. (MBSS), harga batubara NewCastle yang menarik dikisaran >US$ 90 PMT dan dukungan margin kontrak Hybrid dalam menghadapi fluktuasi harga komoditas batubara. Bagaimana MBSS merespon mega proyek pembangkit listrik nasional 35,000 MW ? Peluang ?

Apakah harga saham MBSS sanggup mencapai ke >1250/share ?.

Perlu Anda ketahui bahwa saham MBSS ini telah diberikan Reminder / Disclousure Akumulasi BELI/HOLD secara bertahap sejak di harga <340/share s.d <380/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS oleh BullRecommend (Juli 2017 s.d September 2017).

Berikut adalah ScreenShoot Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham MBSS secara bertahap sejak di harga <340/share s.d <380/share via Telegram BullRecommend LS oleh BullRecommend (Juli 2017 s.d September 2017 – Setiap saat harga saham MBSS di bawah harga 380/share). (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

  • Screenshot reminder akumulasi beli saham MBSS – 31 Juli 2017 ; di harga <340/share

  • Screenshot reminder akumulasi beli saham MBSS – 19 september 2017 ; di harga <370/share

Gambaran / Alur PLAN untuk saham MBSS yang telah dilakukan (reminder-nya untuk akumulasi BELI) BullRecommend : ( Bagaimana selanjutnya ?, Hanya di BullRecommend Limited Seat ! )

( Alur akumulasi saham MBSS yang telah di-reminder via Telegram BLS )

_

PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayaran jasa logistik dan transportasi laut terpadu untuk bahan curah terkemuka di Indonesia secara khusus batubara. MBSS terutama melayani tambang-tambang batubara terbesar di Indonesia dan memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam bidang usaha tersebut. Pada tahun 2011, MBSS menjadi salah satu Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia dan MBSS juga menjadi bagian dari grup Indika Energy).

MBSS –> Telah di reminder atau menjadi saham pilihan penulis via bullrecommend.com sejak harga sahamnya di kisaran <380/share dan reminder terus dilakukan untuk akumulasi beli hingga beberapa waktu selama harganya masih di bawah kisaran 380/share. Saham ini menarik bagi Kami ( Baca : http://bullrecommend.com/ ).

Semenarik apa saham ini? Bagaimana potensinya?.

Dalam kaidah value investing, selain fundamental perusahaan yang bagus,”Jaminan” dari saham perusahaan yang akan di BELI juga harus ada. “Jaminan eksternal maupun internal”.

Bagaimana dengan fundamental MBSS ?.

Secara singkat penulis bisa katakan bahwa valuasi harga saham MBSS (Baca : Saat di bawah kisaran harga 380-an) bisa dikatakan UnderValue atau masih terdiskon. Namun, performa atau kinerja MBSS masih belum bisa dikatakan bagus atau ideal (Catatan : Anda bisa melihatnya dari berbagai rasio keuangan nya seperti ROE NPM DER dan sebagainya). Tentu saja kesimpulan yang penulis katakan tersebut setelah melakukan perbandingan dengan perusahaan sejenis atau industri sejenis.

Namun, perlu dicatat bahwa untuk menilai suatu saham perusahaan terkait komoditas (Baca : Katakanlah terkait komoditas batubara) maka selain dari rasio fundamentalnya juga sangat perlu dilihat kalkulasi dari komoditasnya. Maksud penulis adalah mengingat MBSS adalah bidang jasa angkut batubara maka jumlah cadangan batubara customer atau pelanggan (Baca : Perusahaan produsen batubara) juga harus di ukur atau pertimbangkan atau kalkulasi.

Okey, penulis ingin menyampaikan bahwa untuk mendapatkan saham perusahaan yang murah dan memiliki “alasan” harga sahamnya untuk naik tinggi beberapa waktu kedepan adalah dari faktor “Jaminan eksternal” maupun “Jaminan internal” nya.

Lalu pertanyaannya apakah “Jaminan” dari MBSS ini ?.

Yups, ingat MBSS adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayaran jasa logistik dan transportasi laut terpadu untuk bahan curah terkemuka di Indonesia secara khusus batubara.

Tentu saja setelah penulis menemukan poin utama untuk saham MBSS dalam memenuhi kaidah value investing yaitu UnderValue maka penulis menemukan poin berikutnya sebagai kunci performa perusahaan terkait komoditas, dalam hal saham MBSS maka terkait harga komoditas batubara.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat analisis mengenai saham MBSS ini ditulis, harga saham batubara New Castle telah berada di atas US$ 90 PMT dan harga di atas US$ 90 PMT ini telah tersentuh dan bertahan beberapa minggu atau beberapa bulan ini (Catatan : Setidaknya sejak 3Q17/9M17 hingga saat ini).

Penulis sering kali menyampaikan utamanya kepada member bullrecommend.com bahwa selama harga batubara bisa bertahan di atas US$ 70 PMT atau bahkan di atas US$ 90 PMT maka performa perusahaan batubara (Baca : produsen batubara) maupun perusahaan terkait batubara (Baca : kontraktor jasa batubara, transporter batubara dan sebagainya) masih berpotensi menghasilkan kinerja yang cukup menarik (Catatan : tentu saja tidak semua saham perusahaan batubara, hanya yang memenuhi kaidah value investing saja yang menjadi pilihan).

Faktanya yang pernah terjadi pada harga saham MBSS adalah :

  1. Harga saham MBSS pernah turun hingga dikisaran 730/share pada November 2012 lalu di saat harga batubara masih dikisaran US$80 PMT.
  2. Harga saham MBSS pernah mencapai kisaran 1.730/share pasca IPO sekitar akhir semester pertama tahun 2011 dan saat itu harga batubara dikisaran US$120 PMT.
  3. Harga saham MBSS pernah turun terendah hingga dikisaran 220/share pada Februari 2016 lalu di saat harga batubara di bawah kisaran US$55 PMT.

Dari fakta tersebut penulis menyimpulkan ( Catatan : Penulis pernah menyimpulkan fakta seperti ini pada saham INDY, saat itu harga saham INDY masih di bawah harga 770/share pada semester 1 tahun 2017 lalu, Anda bisa membacanya lagi disini ) bahwa saat harga saham MBSS masih dikisaran 700-an atau katakanlah 730/share dengan syarat utama harga batubara New Castle masih bertahan setidaknya di atas US$ 80 PMT maka penulis masih bisa katakan harga saham MBSS UnderValue atau masih terdiskon atau belum mencapai harga wajarnya ! (Catatan : Tentu saja ini hanya melihat aspek moment harga saham VS harga komoditas batubara saja).

Lalu bagaimana dengan harga saham MBSS yang masih di bawah kisaran 380/share sedangkan harga batubara NewCastle Coal sudah di atas US$ 80 PMT ? (Baca : sekitar akhir 1H17 hingga kini). Yups, tentu saja bukan hal yang aneh jika harga saham MBSS mampu melejit dalam “sekejap” dari 300-an ke harga 700-an dan inilah salah satu alasan penulis saat harga saham MBSS masih di bawah kisaran harga 380/share untuk terus mereminder akumulasi beli bertahap saham MBSS via Telegram bullrecommend.com .

So, berapa harga batubara NewCastle saat ini ?. Tentu saja itu menjadi salah satu acuan Anda dan penulis sendiri. Tentu saja tidak semua saham terkait batubara bisa menggunakan acuan harga batubara Newcastle ini. Hal tersebut dikarenakan tidak semua emiten memiliki performa yang “similar” atau serupa.

Kisah mengenai harga saham sektor pelayaran jasa logistik dan transportasi laut khusus batubara ataupun minyak mentah biasanya memang mengikuti trend dari harga komoditasnya (Baca : komoditas batubara). Bukan tanpa alasan trend ini terbentuk, hal tersebut salah satunya karena trend penurunan ataupun kenaikan harga komoditas batubara membuat para “pelaku pasar” atau dalam hal ini para produsen batubara terpaksa harus berhati – hati dan ini yang menjadi salah satu alasan para produsen batubara tersebut menghindari kontrak pengiriman batubara jangka panjang. Selain itu, harga komoditas batubara juga dapat mempengaruhi harga jasa kontrak pengiriman batubara.

Jaman Now ( Catatan : penulis ingin terlihat kekinian seperti anak muda jaman sekarang 😀 ) atau saat ini penghasil batubara lebih suka hybrid atau kontrak pengiriman batubara tanpa kepastian volume. Menariknya, jenis kontrak seperti ini (Baca : Hybrid) menjadi peluang bagi bisnis penyewaan kapal yaitu dengan menyiapkan armada sesuai dengan permintaan saat itu. Menariknya lagi, dalam kontrak Hybrid ini tidak ada ikatan perjanjian harga sehingga sangat konservatif atau lebih dominan menguntungkan bagi para perusahaan bisnis penyewaan kapal terutama dilihat dari segi margin. Artinya para pebisnis penyewaan kapal lebih terhindar dari fluktuasi harga komoditas atau dalam hal ini batubara. (Catatan : Penulis yakin sebagian dari pembaca pasti tahu soal asuransi lindung nilai pada suatu transaksi yang menggunakan mata uang asing dan tentu saja ada bentuk derivatif yang digunakan sebagai upaya lindung nilai terhadap fluktuasi kurs. Nah, setidaknya seperti itu lah letak sedikit konservatifnya hanya saja dalam hal kontrak Hybrid tentu tidak ada tambahan biaya tertentu seperti lindung nilai).

Saat ini MBSS memiliki kontrak Hybrid 30% dimana kontrak pengangkutan batubara jangka panjang masih dengan porsi 70%. Penyewa kapal diataranya yaitu PT. Arutmin Indonesia dan PT. Berau Coal Energy. Tentu saja dari beberapa kontrak tersebut akan membuat performa MBSS menjadi mampu recovery.

Okey, lalu kenapa harga saham MBSS kok baru berpotensi naik di tahun 2017 atau bahkan mungkin 2018 ?. Penulis yakin beberapa dari Anda atau pembaca memiliki pertanyaan demikian.

Hmmm… Harga saham MBSS bisa dikatakan stagnan atau flat atau dalam bahasa teknikal disebut sideways dan itu terjadi sejak awal 2016 (Catatan : setelah harga sahamnya anjlok “mentok” dikisaran 220/share) hingga sekitar 2Q17/1H17 dimana harga sahamnya sideways dikisaran 300/share – 380/share (Baca : bolak – balik dikisaran 300-an s.d 380-an) sebelum akhirnya pada akhir 3Q17/9M17 harga saham MBSS naik signifikan dikisaran 700-an.

Jawabannya, meski mulai pertengahan tahun 2016 harga batubara Newcastle sudah mulai naik di atas US$ 70 PMT namun yang membuat MBSS ini belum terlihat menarik (Catatan : diluar valuasi nya) adalah karena di tahun 2016 lalu hampir 40% armada MBSS atau sekitar 28 unit armada yang dibeli tahun 2011 harus melakukan docking dan tentu saja hal tersebut yang membuat performa atau kinerja MBSS menjadi “telat” untuk merespon peluang dari kenaikan harga komoditas batubara.

Sehingga barulah saat ini di tahun 2017 MBSS memiliki potensi bersiap meraih peluang dari kenaikan harga batubara dan tentunya program percepatan pembangunan infrastruktur serta pembangkit listrik dan dengan hal itu tentunya permintaan angkutan batubara di Indonesia sangat positif (Catatan : asalkan harga batubara stabil di atas US$ 90 PMT maka hasil performa dari MBSS berpotensi akan terlihat mulai menarik).

Intinya adalah di saat harga saham MBSS sideways di kisaran 300/share s.d 380/share beberapa waktu lalu maka itu lah peluang emas atau ideal untuk dilakukan akumulasi beli saham MBSS dan itu kenapa salah satu alasan penulis saat harga saham MBSS masih di bawah kisaran harga 380/share terus mereminder untuk akumulasi beli bertahap via bullrecommend.com .

Ingat bahwa MBSS adalah group dari INDY yang mana ketika INDY mendapatkan kontrak JUMBO maka bukan tidak mungkin MBSS yang akan juga diberikan “tugas” untuk membantu menyelesaikan beberapa garapannya. Artinya, untuk mengetahui bagaimana potensi MBSS lebih jauh maka idealnya Anda juga membaca hasil analisis saham INDY disini .

Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham MBSS masih menarik untuk di akumulasi BELI ?

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham MBSS ini setelah harga sahamnya naik (Sejak di berikan Reminder / Disclousure nya via Telegram BullRecommend LS untuk melakukan Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham MBSS masih di kisaran <380/share) ?.

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

(Visited 1,646 times, 28 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *