Dubai Islamic Bank (DIB) dan Panin Dubai Syariah PLUS Obligator A+ PNBS : Potensi di tahun 2017 ?

Wilmar Cahaya Indonesia (CEKA) dan Minyak Goreng Wajib Kemasan : Masa Transisi di 2018, Potensi kah bagi CEKA ?
May 23, 2017
INDS (Indospring) 5 Besar Pabrik Leaf Spring di Dunia Dengan Kapasitas Terbesar Posisi ke 3 Setelah Meksiko & India : Prospektif di Tahun 2017 ?
June 8, 2017

Dubai Islamic Bank (DIB) dan Panin Dubai Syariah PLUS Obligator A+ PNBS : Potensi di tahun 2017 ?

Apa yang menarik dari DIB (Dubai Panin Syariah) dan Bank Panin Syariah ?. Salah satu Bank Syariah terbesar di dunia melakukan penambahan jumlah porsi kepemilikan di Bank Panin Syariah. Menarik kah?. Bagaimana hubungannya dengan proyek Infrastruktur Pemerintah saat ini ? (Tahun 2017).

 

 

Sebenarnya bukan kabar baru mengenai DIB yang ada pada komposisi Bank Panin Syariah. Namun yang menjadi kabar baru dan aksi korporasi yang menarik adalah bahwa DIB menambah porsi kepemilikan pada Bank Panin Syariah menjadi lebih jauh di atas 25% (Dalam struktur fungsi wewenang konsolidasi bahwa perusahaan atau perorangan yang memiliki rasio kepemilikan di atas 25% maka pembagian nya bukan cost lagi namun sudah ekuitas atau modal, Anda bisa baca materi ini di materi akuntansi mengenai konsolidasi kepemilikan).

Singkatnya bahwa DIB menjadi pengendali terbesar ke 2 setelah Bank Panin Syariah itu sendiri dan ini tentu sangat positif karena menunjukkan DIB serius dalam ikut mengendalikan kinerja Bank Panin Syariah dengan berbagai strategi terbaiknya. DIB sangat berpengalaman dalam pengelolaan bank syariah secara internasional.

 

  

Sebelum lanjut lebih detail, maka perlu tahu apa lini bisnis Bank Panin Dubai Syariah ini (PNBS), Berikut :

PT Bank Panin Syariah Tbk (“Panin Bank Syariah”) (PNBS) merupakan salah satu anak perusahaan Panin Bank. Ruang lingkup kegiatan Panin Bank Syariah adalah menjalankan kegiatan usaha di bidang perbankan dengan prinsip bagi hasil berdasarkan syariat Islam, diantaranya penghimpunan dana, pembiayaan komersial dan ritel, pendanaan instiusi dan tresuri. Jumlah jaringan kantor Panin Bank Syariah diantaranya 1 kantor pusat, 7 kantor cabang dan 5 kantor cabang pembantu.

Dalam kaidah value investing, selain kinerja yang bagus, valuasi saham yang masih murah, aksi korporasi, dukungan kebijakan dari pemerintah serta “Jaminan” dari saham tersebut juga idealnya ada. Lebih bagus lagi jika saham yang perusahaannya akan di BELI memiliki nilai kompetitif dari industri atau sektor sejenis. Lalu bagaimana dengan PNBS ?.

 

   

PEFINDO memberikan peringkat A+ dimana ini menjadi keunggulan kompetitif untuk Bank Panin Dubai Syariah ketimbang bank syariah pada umumya. PEFINDO tanpa ragu memberikan peringkat A plus yang artinya lebih baik daripada bank lain yang berperingkat A.

Dan… inilah yang menjadi salah satu “Jaminan” bagi value investor untuk menggaet saham PNBS masuk dalam portofolio saham value investing.

Lalu semenarik apa kolaborasi DIB dengan Bank Panin Syariah?, berikut :

 

    
    

Dengan pengendali kedua adalah DIB, Maka Bank Panin Dubai Syariah sangat prospektif untuk kedepannya dimana DIB memiliki pengalaman dalam pengelolaan bank syariah 40 tahun serta asset DIB yang luar biasa jumbo potensi sangat besar dalam mendorong kemajuan PNBS.

Ini merupakan salah satu syarat saham value investing melalui terpenuhinya adanya aksi korporasi yang MENARIK.

Lalu apa lagi selanjutnya yang menarik atau adakah “Jaminan Eksternal yang mendukung Jaminan Internal” dari PNBS ?.

Yups, OJK mendukung untuk bank syariah agar memberikan pembiayaan bagi kemajuan infrastruktur yang saat ini sedang gencar di lakukan oleh pemerintah. Dan… Hal ini lah yang menjadi “Jaminan Eksternal” dari saham PNBS.

Kabar baiknya lagi bahwa PNBS akan masuk ke pembiayaan proyek Tol atau jalan dan transportasi serta industri dasar seperti semen pada tahun 2017 ini.

Kombinasi antara masih Lowest atau murahnya saham PNBS dibarengi dengan prospek sangat menarik dengan pembiayaan infrastruktur, transportasi dan industri dasar yang baru akan dimulai tahun 2017 ini akan menjadikan valuasi saham PNBS saat ini (di harga <117) menjadi MENARIK.

Masih ingat hasil analisis BNGA?, Dimana jika membicarakan BNGA saat itu sama dengan membicarakan potensi Properti dan Infrastruktur.

Dan… hampir sama bahwa jika membicarakan PNBS maka matriks pertumbuhan laba nya juga berasal dari Infrastruktur selain sektor perbankan syariah itu sendiri.

 

    

Di mulai tahun 2017 beberapa pembiayaan terkait infrastruktur yang akan di sasar oleh PNBS adalah Pembiayaan jalan tol, jembatan dan industri dasar semen.

Hal tersebut menjadi menarik ketika DIB mendukung atas pengendali ke 2 terbesar dari PNBS.

Setelah jelas sekali bahwa beberapa “Jaminan” yang diberikan oleh saham PNBS ini mulai berpotensi akan berdampak positif pada tahun 2017 ini, lalu bagaimana kinerja dari fundamental dari PNBS ?. Berikut :

Karena kinerja fundamental yang akan diperhatikan nanti adalah saat DIB mulai atau akan berdampak atas pengendaliannya yaitu setelah tahun 2015 atau pertengahan tahun 2016 maka yang digunakan dalam analisis adalah Laporan Keuangan kuartal 1 tahun 2017, berikut :

 

Laba usaha PNBS melonjak 385% (YOY) dan menariknya hal ini dikarenakan keberhasilan manajemen PNBS dalam meningkatkan lini pendapatan sebesar 131% (YOY) dibarengi dengan berkurangnya beban kerugian penurunan nilai sebesar 58% (YOY).

Hal tersebut juga yang menyumbang atau memberikan kontribusi atas naiknya Laba Bersih Tahun Berjalan sebesar 378% ! (YOY).

Tentu saja hal ini mengkonfirmasi atas positifnya kinerja pengendali DIB dan prospek cerah pembiayaan infrastruktur di mulai tahun 2017 hingga selanjutnya.

Lalu, bagaimana sebagai value investor melihat kinerja dan prospek PNBS yang MENARIK ini dan tentu pada harga saham yang masih Lowest? Apakah tunggu harga sahamnya naik dulu baru BELI?.

Melihat harga saham PNBS yang ideal nya memang sudah di titik paling Lowest maka tentu hal ini bisa segera di manfaatkan untuk akumulasi BELI/HOLD.

Singkatnya adalah PNBS masih layak di manfaatkan untuk di BELI/HOLD saat retracement harga sahamnya di harga <117. (Reminder BELI/HOLD saham PNBS ini terbit pada tanggal 04 Mei 2017 via Telegram BullRecommend LS, saat harga saham PNBS masih di harga 116/lbr saham).

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham PNBS ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak harga saham PNBS masih di harga 116/lbr saham pada tanggal 04 Mei 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya).

 

Selain itu, Bagaimana dengan Review atas Laporan Keuangan Kuartalan nya?. Tentu ini juga tidak kalah pentingnya dan yang paling di tunggu – tunggu. (Review atas LK Kuartalan [Kuartal 1 ; Tahun 2017] saham PNBS ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS [Dalam bentuk E-Book PDF Ter-password] sejak harga saham PNBS masih di harga 115/lbr saham pada tanggal 14 Mei 2017).

Dari hasil analisis saham PNBS, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham PNBS masih menarik untuk di akumulasi BELI ?. (Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS). (Saat hasil analisis PNBS ini di publish di website BullRecommend ini, harga saham PNBS telah mencapai 145/lbr saham pada tanggal 02 Juni 2017 —> Closed Price. (Sempat menyentuh harga 153/lbr pada sesi 2 ; tanggal 02 Juni 2017. Artinya harga 153/lbr ini telah melampaui Target harga Charting T.N.S di >150/lbr saham).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! )

Disclousure : Hasil analisis saham PNBS ini sudah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham PNBS masih di harga 116/lbr pada tanggal 04 Mei 2017.(Saat hasil analisis PNBS ini di publish di website BullRecommend ini, harga saham PNBS telah mencapai 145/lbr saham pada tanggal 02 Juni 2017 —> Closed Price. (Sempat menyentuh harga 153/lbr pada sesi 2 ; tanggal 02 Juni 2017. Artinya harga 153/lbr ini telah melampaui Target harga Charting T.N.S di >150/lbr saham).

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan  JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (Disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

 

(Visited 1,731 times, 5 visits today)

Comments are closed.