Dyandra Media International : Bisnis Event, Convention and Exhibition di Era Digital Agency :: Saham DYAN Menarik (2018) ?

Pelita Samudera Shipping : Fundamental Menarik, Valuasi UnderValue, Ekspansi Aset, Peluang Diversifikasi Bisnis Hingga Harga Batubara di Atas US$ 100 PMT :: Saham PSSI Menarik (2018) ?
August 29, 2018
Surya Esa Perkasa : Bisnis LPG & Ammonia Dengan Teknologi Paling Mutakhir di Dunia :: Saham ESSA Menarik (2018) ?
September 30, 2018
Show all

Dyandra Media International : Bisnis Event, Convention and Exhibition di Era Digital Agency :: Saham DYAN Menarik (2018) ?

Print

Menariknya saham DYAN ? : Mulai dari fundamental yang mulai menarik ditunjukkan pada LK 2Q18/1H18, ekspansi bisnis baru Digital Agency [Baca : pendirian perusahaan baru UnderLined], optimalisasi efisiensi biaya operasional atau biaya utama [Baca : pengendalian biaya berkelanjutan di berbagai unit bisnis DYAN] serta valuasi UnderValue saham DYAN [Baca : murah atau dibawah harga wajarnya, valuasi & fundamental saham DYAN saling “berseberangan” memberikan adanya peluang Capital Gain] maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham DYAN ?

Apakah harga saham DYAN sanggup mencapai ke >120/share ?.

[ Dyandra Convention Centre – lokasi di Surabaya ]

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs bullrecommend.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada awal pekan bulan Juli tahun 2018) tinggi seperti saham INKP yang bisa Anda baca [ disini ], saham ERAA yang bisa Anda baca [ disini ], saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham KOBX yang bisa Anda baca [ disini ], saham IMAS yang bisa Anda baca [ disini ], saham POLY yang bisa Anda baca [ disini ], saham SMCB yang bisa Anda baca [ disini ], saham MAIN yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham DYAN di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan bullrecommend.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham DYAN maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Perlu Anda ketahui bahwa saham DYAN ini telah diberikan Reminder / Disclousure Akumulasi BELI/HOLD secara bertahap selama di harga <73/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak menjelang kuartal III tahun 2018 [Baca : 09 Agustus 2018] oleh BullRecommend.

Hasil analisis [terbatas] saham DYAN ini di publish via Website BullRecommend September 2018. Tentunya Ebook Review analisis saham DYAN telah di publish lebih dulu secara RealTime via email.

Berikut adalah ScreenShoot Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham DYAN secara bertahap di harga 73/share pada Tanggal 09 Agustus 2018 dan Tambah Akumulasi BELI saham DYAN di harga 71/share pada Tanggal 05 September 2018 (Setiap / selama harga saham DYAN di harga layak akumulasi) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

              

[ Screenshot Akumulasi BELI saham DYAN (09 Agustus 2018 ; 73/share ]

[ Screenshot Akumulasi TAMBAH BELI saham DYAN (05 September 2018 ; 71/share ]

Berikut adalah ScreenShoot Disclousure JUAL / Taking Profit saham DYAN di harga 111/share pada Tanggal 20 September 2018 atau PROFIT sebesar 54% ! ( BLS melakukan Taking Profit cukup banyak dari hasil Akumulasi BELI sebelumnya ; saham DYAN di JUAL 50% nya atau separuh dari total keseluruhan saham DYAN yang telah di BELI ; Keputusan JUAL sesuai PLAN BullRecommend – Tidak Panic Buying / Selling ! ) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Screenshot JUAL separuh saham DYAN

(20 September 2018 ; di harga 111/share ; Taking Profit sebesar 54%)

Gambaran / Alur PLAN untuk saham DYAN yang telah dilakukan BullRecommend : (Bagaimana selanjutnya ?, Hanya di BullRecommend Limited Seat !

Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 2Q18/1H18 saham DYAN yang telah terbit beberapa waktu lalu [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

[Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan [2Q18/1H18] saham DYAN ini terbit lebih dulu via email dan ditulis sejak harga saham DYAN berada dikisaran 71/share. [Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham DYAN telah diberikan terlebih dahulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham DYAN masih berada dikisaran <73/share]

Pertama kalinya [Catatan : seingat Penulis], baru kali ini Penulis memilih saham yang erat kaitannya dengan sektor Hotel & Pariwisata atau lebih Sub-Detail sektoral nya lagi ialah terkait event organizer yaitu saham perusahaan PT. Dyandra Media International Tbk. atau DYAN.

Tahukah Anda perusahaan DYAN ini bergerak di bisnis yang seperti apa ?. Yups, Jika Anda beberapa waktu lalu pernah mengunjungi salah satu pameran mobil terbesar yaitu IIMS maka jika Anda bertanya “siapa dibalik repotnya penyelenggara pameran super besar tersebut” maka jawabannya adalah PT. Dyandra Media International Tbk. atau DYAN.

Tidak hanya pameran besar seperti IIMS namun beberapa acara atau event seperti pameran furniture international, Garuda Travel Fair, pameran Wedding, Muslim Festival hingga pameran Oil & Gas juga diselenggrakan oleh DYAN sepenuhnya.

So, DYAN ini adalah PT. Dyandra Media International Tbk. yang merupakan Induk Usaha dari Group Dyandra yang mana bisnisnya bergerak di bidang Penyelenggara Event atau Pameran yang dijalankan oleh PT. Dyandra Promosindo, sedangkan Bisnis pendukung Event [Catatan : menyediakan berbagai layanan pendukung event mulai dari konsep desain, perencanaan proyek hingga implementasi] yang dikelola oleh PT. Dyamall Graha Utama, lalu Bisnis Ruang Konvensi [Catatan : Bali Nusa Dua Convention Center] dan Pameran yang dipegang oleh PT. Nusa Dua Indonesia dan juga bisnis Hotel [Catatan : Santika Hotel dan Amaris Hotel] yang dioperasikan oleh PT. Graha Multi Utama.

Lalu, apa yang membuat saham DYAN menarik setidaknya sampai dengan saat review ini ditulis ?.

Pertama, kinerja yang tercermin dalam laporan keuangan 2Q18/1H18 saham DYAN mulai menunjukkan adanya fundamental yang menarik [Catatan : selengkapnya bisa dibaca di bagian bawah uraian ini, tepatnya bagian review Kinerja Keuangan (Baca : Fundamental) dari DYAN] di saat valuasi saham DYAN masih bisa dikatakan MURAH atau Under Value.

Kedua, selain kinerja DYAN yang mulai menarik pada 2Q18/1H18, namun DYAN juga menunjukkan adanya optimalisasi yang menarik dalam hal efisiensi biaya operasional atau biaya utama terkait bisnis nya dengan pengendalian biaya berkelanjutan di berbagai unit bisnis DYAN. Efisiensi tersebut telah ditunjukkan [Catatan : upaya penurunan secara serentak pada pos terkait biaya dan atau beban] dengan menurunnya beban operasional penjualan sebesar 73% (YOY), beban keuangan turun sebesar 33% (YOY) dan kenaikan beban pokok pendapatan yang lebih rendah ketimbang kenaikan pendapatan. Secara lebih detail bisa dibaca di bagian Kinerja Keuangan atau Fundamental DYAN di bawah setelah uraian ini.

Ketiga, hingga detik ini [Baca : hingga menjelang kuartal 3 ; tahun 2018], pendapatan DYAN paling besar di kontribusi dari segmen pendapatan Pendukung Acara dan Konvensi, Penyelenggara Acara dan Eksibisi. Namun pendapatan dari segmen bisnis hotel DYAN masih belum cukup bisa konsisten, But menariknya DYAN bisa mengantisipasi atau setidaknya memberikan dukungan atas segmen yang belum cukup konsisten memberikan kontribusi hasil yang menarik tersebut dengan ekspansi bisnis baru yaitu Digital Agency. Upaya ekspansi bisnis baru DYAN tersebut dengan mendirikan perusahaan baru yang diberi nama UnderLined yang mana tentu akan meningkatkan optimalisasi hasil pendapatan melalui strategi One Stop Solution untuk customer dan penekanan biaya operasional atau yang tidak terlalu perlu dengan digital agency. Dengan kata lain, optimalisasi hasil dan penekanan biaya harusnya bisa di lakukan oleh DYAN, So let’s see !

Keempat / Terakhir, secara ringkas saham DYAN saat ini dipilih sebagai saham yang menarik adalah karena memperhitungkan atau mempertimbangkan kinerja atau fundamental, valuasi saham yang masih MURAH atau Under Value, Optimalisasi atas efisiensi yang ditunjukkan oleh DYAN serta ekspansi lini bisnis DYAN di era digital dengan membuat sebuah Digital Agency. Selebihnya dari poin – poin menarik tersebut adalah valuasi & fundamental saham DYAN yang mana saling “berseberangan” di saat harga saham DYAN masih bisa dikatakan ideal terendah saat review ini ditulis yaitu kisaran 71/share. Sebagai catatan bahwa, harga saham DYAN pernah “bertahan” di kisaran terendah yaitu 54/share – 60/share di tahun awal tahun 2016 sampai dengan awal tahun 2018 dan itupun pada kondisi fundamental yang memang tidak bagus, yang mana itu artinya meski saham DYAN berada di kisaran 54/share – 60/share maka tetap saja tidak bisa dikatakan MURAH. But, bedanya adalah saat ini meski harga saham DYAN lebih tinggi di atas harga saham DYAN di awal tahun 2016 – awal tahun 2018, namun dengan fundamental yang mulai menarik dan ekspansi bisnis yang tengah dilakukan DYAN maka saham DYAN saat ini tidak bisa dikatakan mahal dan justru ada peluang [Catatan : setidaknya saat review ini ditulis].

Finaly, dengan fundamental yang mulai menunjukkan adanya hasil kinerja menarik, optimalisasi efisiensi biaya operasional atau biaya utama, ekspansi bisnis baru Digital Agency, optimalisasi hasil pendapatan dengan strategi One Stop Solution dan valuasi saham DYAN yang masih bisa dikatakan UnderValue hingga saat review ini ditulis maka :

apakah harga saham DYAN akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?. [Catatan : saat review saham DYAN ini ditulis, harga sahamnya berada di kisaran 71/share].

Let’s see the market ! [Catatan : selengkapnya hanya ada di Ebook Kuartalan bullrecommend.com].

Berikut poin – poin signifikan Kinerja Keuangan (Fundamental) dari DYAN jika di komparasi secara YOY (Year on Year) menggunakan Laporan Keuangan 1H17 vs 1H18.

Laba yang dihasilkan DYAN masih bersumber dari bisnis utama perusahaannya, dimana peningkatan pendapatan meningkat hampir di semua segmen bisnis utama DYAN yaitu Penyelenggara Acara, Pendukung Acara dan Konvensi dan Eksibisi yang secara berturut naik sebesar 19% (YOY), 37% (YOY) dan 2% (YOY). Kecuali, pendapatan pada segmen Hotel yang turun sebesar 14% (YOY), meski demikian penurunan pendapatan segmen Hotel tersebut tidak membuat kinerja DYAN menjadi buruk [Catatan : setidaknya masih dalam status kontribusi positif untuk DYAN].

Dalam hasil perolehan Laba Sebelum Pajak (EBT), Meski terdapat kenaikan Laba Pelepasan Aset berupa Investasi Saham dalam Entitas Anak & Asosiasi sebesar 263% ! (YOY) yang mana meski memiliki kontribusi positif dalam peningkatan EBT dari DYAN namun secara Value Investing pos kenaikan tersebut tidak berarti memiliki hasil penilaian yang cukup MENARIK.

But, karena di imbangi dengan penurunan signifikan pada pos Beban Operasional : Penjualan sebesar 73% (YOY) dimana pos tersebut terkait dengan aktivitas bisnis utama DYAN serta penurunan pada pos Beban Keuangan sebesar 33% (YOY), maka DYAN cukup menunjukkan adanya tingkat efisiensi yang naik secara YOY.

Menariknya lagi, hasil tersebut mampu membuat “bertahannya” Earnings Before Tax atau Laba Sebelum Pajak pada posisi yang meningkat signifikan positif. Artinya kinerja dalam bentuk laba yang dihasilkan DYAN masih cukup dominan dari hasil aktivitas utama perusahaan dibarengi dengan peningkatan efisiensi operasional DYAN.

Perubahan pada Investing Cash Flow saham DYAN menunjukkan dimana DYAN lebih mengurangi pengeluaran aktivitas bertujuan investasi, namun menariknya DYAN tidak berarti menambah jumlah pinjaman yang bisa dikatakan signifikan. Tentu saja hasil tersebut tidak berarti menunjukkan indikator yang tidak menarik.

Selanjutnya, Perubahan pada Financing Cash Flow saham DYAN menunjukkan dominan bertujuan pengurangan utang.

Meski sedikit terdapat peningkatan pada pos Penambahan Pinjaman Bank yang naik sebesar 412% (YOY), namun peningkatan tersebut tidak cukup signifikan dan dominan dibandingkan upaya DYAN dalam pemenuhan atau penyelesaian kewajiban hutang – hutangnya.

Artinya DYAN telah menunjukkan upaya positif dalam pemenuhan kewajiban dan pengurangan hutang – hutangnya yang tentu saja dapat mengurangi biaya – biaya di luar bisnis utama seperti biaya bunga pinjaman dan semacamnya yang dapat mengikis laba perusahaan kedepannya.

Kesimpulannya DYAN mulai menunjukkan fundamental yang menarik setidaknya hingga sampai dengan Ebook review 2Q18/1H18 ini ditulis (Catatan : Saat Ebook Kuartalan 2Q18/1H18 saham DYAN ditulis harga saham DYAN masih dikisaran 71/share) dan terutama selama DYAN masih menunjukkan kinerja yang menarik atau meningkat di kuartal selanjutnya, konsistensi dari efisiensi biaya utama DYAN masih terjaga dan hasil dari ekspansi bisnis Digital Agency dalam bentuk perusahaan baru yaitu UnderLined terbukti memberikan return margin laba yang menarik di beberapa waktu kedepan. But, Let’s see !

Di atas adalah review analisis Penulis via Ebook Kuartalan (2Q18/1H18) saham DYAN. Yups ! saat review saham DYAN ini di publish via website bullrecommend.com harga saham DYAN sudah dikisaran 96/share [per 28 September 2018 – OPEN price DYAN].

So, setelah tahu opportunity dari [Baca : PLAN / rencana] adanya potensi dari ekspansi bisnis Digital Agency dalam bentuk perusahaan baru yaitu UnderLined, konsistensi dari efisiensi biaya utama DYAN masih terjaga, valuasi saham DYAN yang masih belum cukup mahal atau UnderValue dan mulai adanya peningkatan kinerja atau fundamental pada DYAN maka akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham DYAN masih menarik untuk di akumulasi BELI ?.

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham DYAN ini setelah harga sahamnya naik (Sejak di berikan Reminder / Disclousure nya via Telegram BullRecommend LS untuk melakukan Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham DYAN masih di kisaran <73/share) ?.

Apakah harga layak akumulasi saham DYAN masih sama atau masih layak di Upgrade setelah melihat hasil LK terbaru nya ?

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media

(Visited 996 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *