Fundamental Recovery Mulai 2016 PLUS Akuisisi serta Perpanjangan Kontrak GSA : Stimulus di 2017 Bagi MEDC ?

Bisnis Pembangkit Listrik ; Peluang bagi ITMG ? : Valuasi Indo Tambangraya Megah masih UnderValue (2017) ?
July 8, 2017
Dukungan Kinerja Anak Usaha Indika Energy : Tripatra, Petrosea, Entitas Asosiasi Membuat Valuasi INDY Terdiskon :: Bagaimana INDY selanjutnya (2017) ?
August 5, 2017

Fundamental Recovery Mulai 2016 PLUS Akuisisi serta Perpanjangan Kontrak GSA : Stimulus di 2017 Bagi MEDC ?

Recovery yang terjadi pada fundamental MEDC mulai awal tahun 2016 serta aksi korporasi berupa akuisisi MDS dan beberapa bisnis prospektif lainnya apakah cukup akan membawa harga saham MEDC ke >2900/share ?.

Mengingat mulai tahun 2016 Medco Energi International juga telah melakukan perpanjangan kontrak beberapa proyek bisnis yang di antaranya adalah GSA. Menariknya adalah MEDC berhasil memangkas atau melakukan efisiensi biaya (Migas) sekitar 35% (YOY) di tengah bergejolaknya harga minyak mentah dunia, gas, emas dan tembaga yang tidak menentu. Apakah harga saham MEDC akan sanggup mencapai ke >2900/share ?.

 

_

Perlu Anda ketahui bahwa saham MEDC ini telah diberikan Reminder nya untuk Akumulasi BELI/HOLD di harga <2290/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS pada tanggal 11 Juli 2017 (Pukul 08. 26 wib / Sebelum OPEN market IDX) saat harga saham MEDC masih 2270/share.

_

Hasil analisis saham MEDC ini di publish via Website BullRecommend pada tanggal 17 Juli 2017 (Malam hari / Setelah Closed Market). Tentunya telah di publish lebih dulu via Telegram BullRecommend LS ! secara RealTime.

_

Berikut adalah ScreenShoot Reminder Akumulasi BELI/HOLD saham MEDC di harga <2290/share pada Tanggal 11 Juli 2017 – Pukul 08.26 wib / Sebelum Open Market (Saat harga saham MEDC masih di 2270/share) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

_

   

_

Berikut adalah ScreenShoot Hasil Analisis saham MEDC (Total 16 Halaman) pada Tanggal 13 Juli 2017 via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS). Reminder diberikan lebih dulu sebelum publish hasil analisis sebagai bentuk keputusan taktis dimana Anggota BLS dapat melakukan Akumulasi BELI/HOLD pada harga terbaik (Lowest) sesuai kaidah Value Investing –> Khusus Anggota / Member BLS :

_

_

_

PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) adalah perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Selain itu perusahaan juga bergerak di bidang batubara, jasa pengeboran, produksi bahan kimia, dan pembangkit listrik. Selain di dalam negeri, perusahaan juga mempunyai kilang minyak di luar negeri seperti di Yaman, Oman, dan Libya.

Jika melihat kebelakang bahwa harga saham MEDC ini telah naik cukup lumayan sejak awal tahun 2016 lalu dan itu bukan tanpa alasan yang dapat diterima dalam kaidah value investing.

Kenapa harga saham MEDC naik lumayan sejak awal 2016 ?. Hal itu di karena kan lonjakan dari hasil kinerja fundamental nya yang dimana tercermin dari Laporan Keuangan yang mulai recovery sejak 2016 lalu.

Apakah hanya itu ? Hanya dari fundamental ?. Tidak, bahkan lebih dari itu. Perlu di ingat bahwa MEDC ini akan sensitif dengan harga Crude Oil atau harga minyak mentah dunia. But, MEDC ini merupakan perusahaan di bisnis energi yang memiliki tingkat kontrol efisiensi biaya yang cukup baik.

Selain Crude Oil, semenjak MEDC memiliki 50% kepemilikan saham di Amman Mineral Investama (Indirect 82,2% saham AMNT) maka MEDC ini dapat mengimbangi gejolak harga minyak dan gas. Hal ini dikarenakan MEDC mendiversifikasi portofolio bisnis nya ke komoditas tambang Tembaga dan Emas.

Sejak atau pada tahun 2016 kemarin MEDC melakukan transformasi cukup signifikan (Tentu hal ini juga yang membuat harga sahamnya naik – turun ekstrem meski secara average harga sahamnya tetap saja naik) mulai dari mengakuisisi asset produksi strategis di sumbawa dan natuna, melakukan pengembangan kontruksi fasilitas produksi di Aceh, melepas aset yang tidak memenuhi tingkat pengembalian / return earnings di Laut Jawa, memperoleh perpanjangan 10 tahun atas PSC di Sumatera Selatan yang pada akhir tahun mencapai tingkat produksi lebih dari 80.000 BOEPD dan MEDC saat ini juga melakukan penataan organisasi serta struktur biaya nya.
Jika di lihat dengan detail bahwa aksi korporasi MEDC yang dilakukan sejak 2016 lalu ini seperti memiliki 50% saham AMI atau secara tidak langsung memiliki 82,2% saham AMNT dan akuisisi 40% hak partisipasi termasuk hak pengoperasian atas South Natuna Sea Block B dan jalur pipa WNTS membuat MEDC memiliki potensi kemampuan teknis kelas dunia untuk ekspansi di tahun – tahun berikutnya.

Hal ini cukup baik dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan “The APAC Deal of the year in 2016”.

Selain aksi korporasi menarik di atas, MEDC juga telah melaksanakan dengan baik hal berkaitan dengan Blok A Aceh, dimana total investasi proyek hingga produksi gas pertama akan mencapai US$540 juta dan produksi gas pertama diperkirakan akan terjadi pada kuartal pertama tahun 2018.

Jika dilihat dari hasil target selama tahun 2016, maka MEDC ini berhasil menekan biaya operasi migas serta biaya administrasi lainnya sampai US$8 Per BOE dibandingkan dengan US$12,3 Per BOE pada tahun 2015.

Jika manajemen MEDC mampu mempertahankan tingkat efisiensi ini hingga di bawah US$10 Per BOE dalam beberapa tahun ke depan maka ini akan cukup bagus bagi fundamental MEDC.

Perlu diketahui bahwa beberapa pencapaian MEDC sepanjang tahun 2016 adalah sebagai berikut (Hal ini juga yang menjadi stimulus harga saham MEDC mulai naik dari awal tahun 2016 hingga saat ini, selain karena recovery fundamental nya).

_

_

Selain pencapaian MEDC tersebut, MEDC sepanjang tahun 2016 juga menandatangani 3 kontrak penjualan gas jangka panjang (GSA) :

1. Dengan PT. Medco E & P Rimau dari lapangan JATA di PSC Rimau, Blok Sumatera Selatan dengan total kontrak sebesar 6046 BBTU dan harga gas sebesar US$7,5/MMBTU dengan eskalasi 3%.

2. Dengan PD Petrogas Ogan Ilir dari bidang di Blok Sumatera Selatan dengan jumlah total kontrak 1820 BBTU dan harga gas sebesar US$6,80/MMBTU dengan ekskalasi 3%.

3. Dengan PT. Meta Epsi Pejebe Power Generation untuk melanjutkan pasokan gas untuk pembangkit listrik Gunung Megang dari Bidang di Blok Sumatera Selatan dengan jumlah total kontrak 9126 BBTU dan harga gas sebesar US$7,75/MMBTU dengan eskalasi 3%.

Setelah selesai pada aksi korporasi sepanjang tahun 2016. Mulai pada akhir kuartal 1 ; Tahun 2017 (21 Maret 2017) MEDC kembali melakukan aksi korporasi lanjutan berupa akuisisi PT. Medco Daya Sentosa yang kemudian pada tanggal 27 Maret 2017 PT. Medco Daya Sentosa menandatangani Share Sale and Purchase Agreement dengan INPEX Corporation untuk membeli 100% saham INPEX Natuna Ltd. INPEX Natuna memiliki 35% hak partisipasi di blok produksi PSC South Natuna Sea Block B.

Jika jelih maka akan ditemukan suatu pola yang menarik dimana sejak aksi korporasi gencar dilakukan oleh MEDC awal 2016 lalu yang sampai saat ini (Tahun 2017) ternyata masih terus dilakukan, hal ini memiliki potensi bagi kekuatan bisnis MEDC untuk membuat harga sahamnya masih akan lanjut menguat.

Hal ini tentu dari hasil kinerja akuisisi beberapa bisnis yang dilakukan MEDC dan pada tahun 2017 nanti Laporan Keuangannya baru bisa di konsolidasikan. Itu kenapa yang menjadi salah satu poin kenapa sampai saat ini LK 1Q17 MEDC belum di release via website resmi IDX atau Bursa Efek Indonesia. Beberapa hal perlu untuk diselesaikan.

Kombinasi dari beberapa aksi korporasi tersebut dan recovery fundamental MEDC yang mulai dirasakan sejak tahun 2016 itu lah yang membuat MEDC yakin untuk akan dilakukannya Stock Split dengan ratio 1 : 4, tentu hal ini akan berpotensi positif bagi likuiditas saham MEDC selanjutnya dan terlihat lebih murah secara nominal (Meski secara valuasi tidak merubah apapun).

Maka, untuk mengkonfirmasi recovery fundamental MEDC yang terjadi mulai tahun 2016 lalu. Perlu dilakukan penilaian indikator keuangan secara historis (in 5 years – YOY) sebagai berikut :

_

_

Dapat dijelaskan bahwa secara (in 5 years), Kemampuan MEDC dalam memanfaatkan asset nya untuk menghasilkan laba naik signifikan sejak 5 tahun terakhir.

Kenaikan paling signifikan terjadi pada tahun 2016, dimana ROA MEDC naik sebesar 178% (YOY).

Kemudian, secara (in 5 years) kinerja yang sama juga terjadi pada kemampuan MEDC dalam memanfaatkan Ekuitas atau Modalnya dalam menghasilkan Laba. Sejak 5 tahun terakhir, baru pada tahun 2016 MEDC mampu memberikan indikator peningkatan kinerja yang signifikan sebesar 177% (YOY).

Dari kedua indikator keuangan ini menunjukkan MEDC mampu memanfaatkan efektivitas asset serta ekuitasnya untuk dikontribusikan secara penuh dalam menghasilkan laba perusahaan.

Kedua indikator atau rasio keuangan MEDC ini dikonfirmasi dengan peningkatan NPM atau kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba (in 5 years), dimana baru pada tahun 2016 meningkat signifikan sebesar 194% (YOY).

Jelas bahwa MEDC mengalami recovery fundamental mulai atau sejak tahun 2016 lalu dimana pada tahun 2015 atau tahun – tahun sebelumnya kinerja MEDC tidak atau belum begitu bagus.

Untuk indikator keuangan lainnya tidak terlalu memberikan perubahan yang signifikan dan tentu tidak terlalu menunjukkan kinerja yang bisa dikatakan buruk.

Secara komprehensif kinerja fundamental MEDC (in 5 Years) – Recovery sejak 2016, sebagai berikut :

_

_

In 5 years / Recovery sejak 2016. Lanjut sampai 2017 ?.

Terlihat bahwa Laba Kotor setelah turun sejak 5 tahun terakhir. Akhirnya mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2016 (YOY) sebesar 15%.

Laba Operasional mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2016 (YOY) sebesar 45% !.

Lebih menariknya lagi Laba yang dapat di didistribusikan kepada pemilik entitas induk naik sangat signifikan pada tahun 2016 sebesar 198% (YOY).

EBITDA atau Laba sebelum bunga dan pajak mengalami peningkatan atau recovery pada tahun 2016 sebesar 24% (YOY).

Pendapatan mengalami kenaikan sebesar 5% mulai tahun 2016 (YOY).

Lebih menariknya lagi, MEDC mampu konsisten melakukan kontrol ketat efisiensi biaya unit E & P yang terus turun secara konsisten mulai tahun 2012 sampai pada tahun 2016 sebesar 49% (in 5 years).

Tentu saja jika melihat peningkatan kinerja yang terjadi hampir di seluruh sisi indikator keuangan dan menurunnya biaya atau meningkatnya efisiensi biaya E & P maka dapat dikatakan MEDC secara penuh recovery fundamental sejak tahun 2016 dan potensi besar berlanjut di tahun 2017 ini.

_

_

Kinerja Operasi 2012 s.d 2016 menunjukkan bahwa :

Jumlah penjualan kotor minyak 5 tahun terakhir tidak ada perubahan signifikan, Namun jumlah penjualan kotor gas naik cukup signifikan sebesar 63% (YOY – 2015) di saat biaya per unit terdiskon sekitar 30%.

Menariknya di saat harga rata – rata minyak mentah dunia turun sebesar 14% (YOY – 2015) di saat tersebut Cadangan minyak Terbukti dan Terduga naik sebesar 9% (YOY – 2015).

Lebih menariknya lagi pada tahun 2015 s.d 2016 terlihat bahwa saat Harga Minyak atau Crude Oil turun sebesar 14% dan Harga Gas juga turun sebesar 19% Namun kinerja atau fundamental MEDC malah mencatatkan peningkatan kinerja fundamental atau recovery signifikan. Bagaimana jika harga Minyak Mentah dan Harga Gas lebih baik di tahun 2017 ini ???. Tentu saja hal tersebut akan lebih berpotensi membuat kinerja MEDC lebih kinclong (Harusnya).

Lalu, Bagaimana dengan Laporan Keuangan 2016 (YOY – 2015) ?. (Mengingat LK Kuartal 1 ; Tahun 2017 belum release via IDX).

_

_

Laba Kotor MEDC naik sebesar 15% (YOY), kenaikan ini di dukung oleh beberapa pos akun. Terlihat bahwa Penjualan minyak dan gas neto meningkat sebesar 13% (YOY) ditambah dengan pendapatan hasil sewa yang pada tahun sebelumnya memang nihil atau tidak ada.

Jika diperhatikan dari Laba Tahun Berjalan dari Operasi yang dilanjutkan terlihat bahwa Laba MEDC meningkat signifikan sebesar 228% (YOY). Hal ini lebih di kontribusi kan dari keuntungan pembelian diskon dimana pada tahun sebelumnya nihil.

Namun, pos akun rugi dari entitas asosiasi dan ventura bersama sebesar 286% (YOY) cukup membuat laba tahun berjalan menjadi kurang memberikan peningkatan yang lebih signifikan.

_

_

Laba Tahun berjalan MEDC pada tahun 2016 meningkat tajam sebesar 200% (YOY). Dimana hal ini masih cukup dipertahankan sampai pada hasil peningkatan Laba Komprehensif tahun berjalan sebesar 207% (YOY).

Sebenarnya hasil dari peningkatan fundamental MEDC pada tahun 2016 (Recovery) ini telah cukup tercermin dari indikator keuangan nya.

Tentu saja hal ini memberikan acuan kuat bagi MEDC untuk melanjutkan kinerjanya yang lebih baik di tahun 2017.

_

Ringkasnya bahwa pada Laporan Keuangan tahun 2016 (YOY – 2015) memberikan hasil yang signifikan positif dan berpotensi berlanjut pada tahun 2017 dimana hasil dari bisnis yang telah di akuisisi oleh MEDC beberapa baru akan dikonsolidasikan pada tahun 2017 ini.

Lalu apa “Jaminan” dari saham MEDC ?. Tentu saja beberapa bisnis yang telah berhasil di akuisisi di sepanjang tahun 2016 lalu dan baru efektif terkonsolidasi penuh mulai tahun 2017 ini.

Lalu, bagaimana sebagai value investor melihat kinerja dan potensi MEDC yang MENARIK ini dan tentu pada harga saham yang masih Lowest dan potensi prospek yang menarik? Apakah tunggu harga sahamnya naik dulu baru BELI?.

Melihat harga saham MEDC yang ideal nya memang sudah di titik paling Lowest maka tentu hal ini bisa segera di manfaatkan untuk akumulasi BELI/HOLD.

Lalu, bagaimana sebagai value investor melihat kinerja MEDC yang MENARIK ini dan tentu pada harga saham yang masih Lowest? Apakah tunggu harga sahamnya naik dulu baru BELI?.

(Hasil analisis saham MEDC ini telah terbit lebih dulu secara RealTime via Telegram BullRecommend LS khusus untuk Anggota/Member BLS. Namun telah di berikan Reminder-nya untuk Akumulasi BELI/HOLD di harga <2290/share pada Tanggal 11 Juli 2017 (Pukul 08.26 wib) via Telegram BullRecommend LS, Saat harga saham MEDC di market masih di harga 2270/lbr saham)

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?.

Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham MEDC ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya).

Charting TNS(TrendFollower NOT SwingTrading) di bawah ini sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS.

_

_

Dari hasil analisis saham MEDC, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham MEDC masih menarik untuk di akumulasi BELI ?

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham MEDC ini setelah harga sahamnya naik (Sejak di berikan Reminder nya via Telegram BullRecommend LS untuk melakukan Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham MEDC masih 2270/share) ?.

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

_

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! )

Disclousure : Hasil analisis saham MEDC ini telah terbit lebih dulu secara RealTime via Telegram BullRecommend LS khusus untuk Anggota/Member BLS. Namun telah di berikan Reminder-nya untuk Akumulasi BELI/HOLD di harga <2290/share pada Tanggal 11 Juli 2017 (Pukul 08.26 wib / Sebelum OPEN market) via Telegram BullRecommend LS, Saat harga saham MEDC di market masih di harga 2270/lbr saham.

_

Hasil analisis saham MEDC ini di publish via Website BullRecommend pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2017 / Pukul 18.50 wib (Saat MEDC Closed Price di harga 2720/share).

_

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

(Visited 2,756 times, 77 visits today)

Comments are closed.