Kombinasi menariknya fundamental Ekadharma International (5 Years) dan murahnya Crude Oil (Dibandingkan 5 tahun terakhir) : Saham EKAD mulai tahun 2017 berpotensi ?

Komunitas Value Investor Indonesia – Group Chat Ultimate Aktif Selamanya !
July 4, 2017
Bisnis Pembangkit Listrik ; Peluang bagi ITMG ? : Valuasi Indo Tambangraya Megah masih UnderValue (2017) ?
July 8, 2017
Show all

Kombinasi menariknya fundamental Ekadharma International (5 Years) dan murahnya Crude Oil (Dibandingkan 5 tahun terakhir) : Saham EKAD mulai tahun 2017 berpotensi ?

Menariknya fundamental Ekadharma International (EKAD) dalam 5 tahun terakhir dan rendahnya harga minyak mentah dunia atau Crude Oil (dibandingkan 5 tahun terakhir) : Apakah Saham EKAD mulai tahun 2017 berpotensi ?.

_

_

Perlu Anda ketahui bahwa saham EKAD ini telah diberikan Reminder nya untuk Akumulasi BELI/HOLD di harga <680/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS pada tanggal 16 Mei 2017 saat harga saham EKAD masih 665/share.

_

Hasil analisis saham EKAD ini di publish via Website BullRecommend pada tanggal 05 Juli 2017 (Pukul : 21.05 wib)

_

Berikut adalah ScreenShoot Reminder Akumulasi BELI/HOLD saham EKAD di harga <680/share pada Tanggal 16 Mei 2017 via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

_

    

_

PT Ekadharma International Tbk. (EKAD) bergerak dalam bidang pembuatan pita perekat dan memproduksi bahan baku dan atau bahan penolong yang diperlukan serta usaha perdagangan pada umumnya. Seiring dengan permintaan pasar yang berkembang pesat di seluruh Indonesia maka sejak tahun 1991, Perseroan mulai membuka kantor cabang penjualan dan fasilitas pendukung lainnya yang sampai saat ini telah mencapai 18 kantor cabang dan 9 stock point yang tersebar di seluruh Indonesia. Kini perseroan telah menjadi salah satu pemimpin pasar di bidangnya dengan melakukan berbagai terobosan-terobosan baru.

Sesuai kaidah Value Investing bahwa EKAD harus dapat memberikan kinerja dari fundamental yang bagus dan “Jaminan” yang ideal untuk bisa masuk dalam kategori saham value investing. Artinya ketika berinvestasi di saham EKAD ini bisa memberikan arah keuntungan yang idealnya bisa di perhitungkan.

Lalu, bagaimana hasil dari kinerja EKAD dilihat dari sisi fundamental nya ?. Semenarik apa ?. Berikut :

Khusus EKAD akan dilakukan analisis (5 years) karena sekaligus untuk menilai sekuat apa fundamental EKAD ini.

Hal ini (5 years) dilakukan mengingat EKAD tidak atau nyaris tidak memiliki “Jaminan” sebagai syarat saham Value Investing. Berikut :

_

_

Terlihat bahwa NPM atau kemampuan perusahaan (EKAD) dalam menghasilkan laba bersih selama 5 tahun terakhir atau sepanjang 5 tahun mengalami peningkatan sebesar lebih dari 70% (5 years).

Meskipun peningkatan ini sebenarnya di dorong pada kinerja awal 2015 menuju tahun 2016.

But, Secara keseluruhan EKAD memiliki kinerja dalam menghasilkan Laba Bersih (NPM) yang bagus dalam jangka panjang (5 years).

_

_

Selanjutnya, DER atau proporsi hutang EKAD terhadap ekuitas atau modalnya sepanjang 5 tahun terakhir mengalami penurunan sebesar lebih dari 40% (5 years).

Penurunan hutang terbesar di mulai pada tahun 2014 hingga akhir 2016.

Artinya apa dari penurunan tingkat DER ini?. Artinya bahwa EKAD sangat peduli terhadap pelunasan atau pembayaran hutang – hutangnya. Asal tahu saja, jika perusahaan melunasi hutangnya dengan signifikan ini artinya beban bunga hutang juga akan berkurang drastis dan hal ini akan dapat meningkatkan laba perusahaan.

Menariknya adalah EKAD ini ditengah proses untuk melunasi hutangnya secara berkala, perusahaan ini juga mampu meningkatkan Laba Bersihnya sepanjang 5 tahun dari 2012 hingga 2017.

Kombinasi peningkatan hasil laba bersih dengan peningkatan penurunan hutang merupakan salah satu indikator secara fundamental manajemen perusahaan ini (EKAD) bagus sekali.

_

_

Earnings dari EKAD.

Pendapatan yang dihasilkan perusahaan akan mampu semakin meningkatkan bisnis perusahaan tersebut jika digunakan sebagai modal ekspansi.

Namun jika hanya di gunakan sebagai modal menarik para investor dengan jalan terlalu banyak atau sering membagikan dividen maka semakin terlihat perusahaan tersebut tidak atau belum cukup yakin akan kinerja perusahaannya.

Asal tahu saja, perusahaan milik WarrenBuffet yaitu Berkshire Hathaway terakhir membagikan dividen pada tahun 1960. Dan… apakah perusahaan memiliki kinerja yang buruk karena tidak pernah lagi membagikan dividen?. Justru sebaliknya, Berkshire Hathaway menjadi perusahaan terbesar di dunia dengan harga per lembar saham mencapai miliaran IDR atau Rupiah.

Lalu bagaimana dengan EKAD?. Berikut :

DPR atau Dividen Payout Ratio atau tingkat pembagian atau pembayaran Dividen EKAD dalam kurun waktu 5 tahun (2012 s.d 2016) mengalami penurunan sebesar lebih dari 15%.

MENARIKnya adalah penurun DPR ini di barengi dengan peningkatan EPS atau Laba per Lembar saham sepanjang 5 tahun (2012 s.d 2016) sebesar lebih dari 125%. Meskipun sebenarnya lonjakan kenaikannya terjadi pada tahun 2016.

Lalu, apa artinya?. Artinya adalah dengan meningkatnya EPS yang begitu drastis namun manajemen EKAD malah lebih ke arah untuk mengurangi tingkat pembayaran atau proporsi pembagian dividen nya.

Hal ini menunjukkan bahwa manajemen EKAD memiliki strategi untuk melakukan ekspansi perusahaan ketimbang pembagian dividen yang pada hakikatnya hanya untuk strategi jangka pendek.

Dan… hal ini juga dibuktikan dengan ekspansi yang tengah dilakukan EKAD ke Malaysia untuk memperbesar kapasitas pabrik pita perekat menjadi 192 juta meter persegi per tahun.

Nantinya EKAD juga mengincar beberapa negara untuk tujuan ekspansi ekspor seperti Thailand, Myanmar, Vietnam, Jepang, Korea Selatan dan negara – negara di Eropa.

Jadi ekspansi ini juga sebagai “Jaminan” dari saham EKAD sebagai syarat pemenuhan saham value investing.

_

_

Profitability EKAD dalam kurun waktu 5 tahun (2012 s.d 2017) menghasilkan kenaikan GPM lebih dari 30%, OPM lebih dari 60% dan NPM lebih dari 90%.

Peningkatan serentak ke 3 ratio fundamental ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan EKAD dalam menghasilkan laba atau pendapatan cukup bagus.

Jika diperhatikan bahwa peningkatan nya dimulai dari GPM hingga NPM. 30% –> 60% –> 90%. Menunjukkan peningkatan yang signifikan bagus dalam menghasilkan laba.

_

_

WarrenBuffet sangat menyukai saham murah yang tidak murahan.

Apa artinya?. Artinya adalah temukan saham yang secara valuasi terhitung murah namun memiliki kinerja yang terus bertumbuh tiap tahun ke tahun dalam jangka panjang (5 tahun –> masuk dalam kurun waktu jangka panjang).

Terlihat EPS dari EKAD mulai tahun 2014 s.d 2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dari tahun 2014 ke 2015 meningkat dari 57 ke 67.

Dari tahun 2015 ke 2016 meningkat dari 67 ke 126.

Dari tahun 2016 ke 2017 meningkat dari 126 ke 146.

Peningkatan EPS ini cukup menunjukkan kinerja EKAD yang bagus dalam perolehan laba per lembar saham.

Ini juga sebagai indikator pemenuhan saham sesuai kaidah value investing.

Selanjutnya, Bagaimana kemampuan fundamental EKAD jika di compare atau dibandingkan dengan per sektor dan per industri ?. Berikut :

_

_

Valuasi saham EKAD terlihat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan per sektor dan per industri.

Terlihat bahwa P/E EKAD lebih rendah sebesar (industri) 66% dan (sektor) 85%.

Valuasi murahnya saham EKAD ini juga didukung dari beberapa ratio berikut :

P/S atau price to sales EKAD yang lebih rendah (industri) 42% dan (sektor) 70%.

P/B atau price to book EKAD yang lebih rendah (industri) 65% dan (sektor) 68%.

P/CF atau price to cash flow EKAD yang lebih rendah (industri) 91% dan (sektor) 67%.

Secara keseluruhan tersebut menunjukkan EKAD masih undervalue saat ini di harga <700/share.

_

_

Financial Strength atau kemampuan perusahaan (EKAD) dalam memenuhi kewajibannya jika dibanding kan dengan per industri maupun sektoral, sebagai berikut :

QR EKAD lebih tinggi sebesar 74% di banding kan industri dan 26% lebih tinggi di banding kan sektoral.

CR EKAD lebih tinggi sebesar 114% di banding kan industri dan 62% lebih tinggi di banding kan sektoral.

Dari QR dan CR tersebut cukup menunjukkan bahwa tingkat kemampuan EKAD dalam memenuhi kewajibannya jika suatu waktu terjadi pailit ataupun gagal bayar hutang jauh lebih baik jika dibandingkan perusahaan per industri maupun sektor nya.

DER EKAD jauh lebih rendah dibandingkan Industri dan Sektoral, yaitu secara berturut – turut sebesar 80% dan 75%.

Ringkasnya dengan kemampuan EKAD dalam memenuhi kewajibannya yang jauh lebih baik daripada Industri dan Sektoral PLUS disertai komposisi hutang EKAD yang jauh lebih rendah daripada Industri dan Sektoral maka dapat disimpulkan bahwa saham EKAD ini jauh lebih aman atau konservatif ketimbang saham satu bidang bisnis nya.

_

_

Profitability Ratio atau tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Bagaimana kemampuan EKAD dalam menghasilkan laba di bandingkan dengan Industri dan Sektoral ?. Berikut :

GM EKAD lebih tinggi sebesar 33% (industri) dan 17% (sektor).
Artinya EKAD memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menghasilkan laba kotor.

 

OM EKAD lebih tinggi sebesar 155% (industri) dan 40% (sektor).
Artinya EKAD memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menghasilkan laba operasional.
Pada pos pembentuk laba operasional ini manajemen mampu melakukan suatu strategi efisiensi dalam operasional perusahaan untuk menghasilkan laba.

NPM EKAD lebih tinggi sebesar 170% (industri) dan 31% (sektor).
Artinya EKAD memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menghasilkan laba bersih.

Ringkasnya, EKAD lebih unggul dalam perolehan laba dari berbagai aspek pos – pos keuangan yang ada dibandingkan dengan industri dan sektoral.

_

_

Apakah benar EKAD lebih efektif ataupun efisien dalam memanfaatkan sumber daya yang ada (Asset, Investasi dan Ekuitas) dibandingkan dengan Industri dan Sektoral ?. Berikut :

ROA atau kemampuan perusahaan (EKAD) dalam memanfaatkan Asset yang dimilikinya untuk berkontribusi menghasilkan laba perusahaan lebih tinggi sebesar (Industri) 131% dan (Sektoral) 45%.

ROI atau kemampuan perusahaan (EKAD) dalam memanfaatkan Investasi yang dimilikinya untuk berkontribusi menghasilkan laba perusahaan lebih tinggi sebesar (Industri) 114% dan (Sektoral) 33%.

ROE atau kemampuan perusahaan (EKAD) dalam memanfaatkan Ekuitas atau Modal yang dimilikinya untuk berkontribusi menghasilkan laba perusahaan lebih tinggi sebesar (Industri) 63% dan (Sektoral) 6%.

Secara keseluruhan bahwa EKAD mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada (Asset, Investasi dan Ekuitas) lebih baik ketimbang Industri dan Sektoral. Artinya manajemen EKAD mampu melakukan efektivitas lebih baik dengan strategi yang ada dibandingkan dengan perusahaan satu bidang nya (Industri dan Sektoral).

Selanjutnya, Berikut hasil analisis LK Kuartal 1 ; Tahun 2017 EKAD

_

_

Laba komprehensif EKAD (YOY) mengalami penurunan yang cukup dalam sebesar 86%.

Apakah penurunan tajam ini menunjukkan fundamental EKAD yang menurun?.

Ternyata tidak demikian, bisa dilihat bahwa penurunan laba komprehensif ini di sumbang atau di kontribusi dari penurunan penghasilan komprehensif lain sebesar 101% (YOY). Hal ini sebenarnya tidak terlalu diperhitungkan dengan kinerja pada bisnis utama EKAD, Karena penurunan ini dari segi pos lain – lain meskipun kenyataannya memang menurunkan laba EKAD.

Mengenai hal tersebut dapat dibuktikan bahwa pada laba tahun berjalan EKAD (terlepas dari pos lain – lain yang berkontribusi menghasilkan laba) masih mengalami kenaikan sebesar 8% (YOY).

Kenaikan laba tahun berjalan tersebut juga sejalan dengan kenaikan laba sebelum pajak sebesar 7% (YOY), meski kenaikan ini kecil namun menariknya kenaikan laba sebelum pajak ini di dukung dengan kontribusi pendapatan lain – lain yang semakin menurun sebesar 82% (YOY) dan adanya kerugian akibat selisih kurs yang lebih tinggi (Tahun sebelumnya untung selisih kurs) sebesar 187% (YOY).

Jelas bahwa terlepas dari keuntungan atau kerugian kurs dan pos pendapatan lain – lain maka kinerja EKAD memang masih bagus dan menarik.

Kinerja EKAD yang memang masih menarik juga didukung dengan bukti kenaikan laba bruto sebesar 10% (YOY) yang dikontribusikan oleh kenaikan penjualan sebesar 8% (YOY).

Lalu, bagaimana sebagai value investor melihat kinerja EKAD yang MENARIK ini dan tentu pada harga saham yang masih Lowest? Apakah tunggu harga sahamnya naik dulu baru BELI?.

Melihat harga saham EKAD yang ideal nya memang sudah di titik paling Lowest maka tentu hal ini bisa segera di manfaatkan untuk akumulasi BELI/HOLD.

Singkatnya adalah EKAD masih layak di manfaatkan untuk di BELI/HOLD saat retracement harga sahamnya di harga <700/share. Dalam value investing, membeli saham EKAD di harga saham sebelum naik ke >700/share adalah sangat bagus.

(Hasil analisis saham EKAD ini terbit pada tanggal 14 Juni 2017. Namun telah di berikan Reminder-nya untuk Akumulasi BELI/HOLD di harga <680/share pada Tanggal 16 Mei 2017 via Telegram BullRecommend LS, Saat harga saham EKAD di market masih di harga 665/lbr saham)

Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?.

Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham EKAD ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak harga saham EKAD masih di harga <700/lbr saham pada tanggal 14 Juni 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya).

Charting TNS(TrendFollower NOT SwingTrading) di bawah ini sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS.

_

_

Dari hasil analisis saham EKAD, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham EKAD masih menarik untuk di akumulasi BELI ?

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham EKAD ini setelah harga sahamnya naik ?.

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

_

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! )

 

Disclousure : Hasil analisis saham EKAD ini terbit pada tanggal 14 Juni 2017. Namun telah di berikan Reminder-nya untuk Akumulasi BELI/HOLD di harga <680/share pada Tanggal 16 Mei 2017 via Telegram BullRecommend LS, Saat harga saham EKAD di market masih di harga 665/lbr saham.

_

Hasil analisis saham EKAD ini di publish via Website BullRecommend pada tanggal 05 Juli 2017 (Pukul : 21.05 wib), saat Closed Price Per 05 Juli 2017 di harga 765/share.

_

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

(Visited 1,636 times, 1 visits today)

Comments are closed.