Malindo Feedmill : UnderValue, Fundamental Recovery, Market Share and Experience :: Saham MAIN Menarik (2018) ?

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2018
July 15, 2018
Lippo Cikarang : Adakah Peluang di Balik UnderValue Saham LPCK ?
July 23, 2018
Show all

Malindo Feedmill : UnderValue, Fundamental Recovery, Market Share and Experience :: Saham MAIN Menarik (2018) ?

Menariknya saham MAIN ? : Mulai dari valuasi yang telah UnderValue, memiliki merk atau Brand cukup dikenal hingga pengalaman “Best Of The Best” 4 tahun berturut, pangsa pasar yang luas dan fundamental recovery yang mulai ditunjukkan pada kinerja MAIN, maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham MAIN ?

Apakah harga saham MAIN sanggup mencapai ke >1000/share ?.

[salah satu tempat produksi – Malindo FeedMill]

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs bullrecommend.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu bahkan hingga telah menginjak semester satu tahun 2018 Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada awal pekan bulan Juli tahun 2018) tinggi seperti saham INKP yang bisa Anda baca [ disini ], saham ERAA yang bisa Anda baca [ disini ], saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham KOBX yang bisa Anda baca [ disini ], saham IMAS yang bisa Anda baca [ disini ]serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham MAIN di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan bullrecommend.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham MAIN maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Perlu Anda ketahui bahwa saham MAIN ini telah diberikan Reminder / Disclousure Akumulasi BELI/HOLD secara bertahap selama di harga <725/share via Telegram BullRecommend LS sejak menjelang semester I tahun 2018 oleh BullRecommend.

Hasil analisis [terbatas] saham MAIN ini di publish via Website BullRecommend Juli 2018. Tentunya Ebook Review analisis saham MAIN telah di publish lebih dulu secara RealTime via email (sejak menjelang semester I tahun 2018).

Berikut adalah ScreenShoot Reminder Akumulasi BELI saham MAIN di harga <725/share pada Tanggal 08 Mei 2018 dan 02 Juli 2018(Setiap / selama harga saham MAIN di harga layak akumulasi) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

    

[ Screenshot reminder akumulasi beli saham MAIN (08 Mei 2018 ; <725/share & 02 Juli 2018 ; <720/share) ]

Berikut adalah ScreenShoot Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham MAIN secara bertahap via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :


Screenshot akumulasi beli saham MAIN (08 Mei 2018 ; 700/share)

(Malindo FeedMill memperoleh penghargaan Best Stand Design 2014 pada event Indolivestock 2014)

[Menariknya penghargaan Best Stand Design seperti ini sering di menangkan juga oleh peusahaan – perusahaan terkemuka]

[Di tahun 2013-2012 penghargaan Best Stand Design juga pernah di menangkan oleh Honda, BMW, Heidelberg dan Pertamina]

Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 1Q18/3M18 saham MAIN yang telah terbit beberapa waktu lalu [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

[Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan[1Q18/3M18] saham MAIN ini terbit sejak menjelang semester I tahun 2018 dan ditulis sejak harga saham MAIN berada dikisaran 715/share.

[[harga layak akumulasi ter-update masih terbatas hanya untuk Anggota BLS]]

MAIN atau PT. Malindo Feedmill Tbk. adalah perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak. Ruang lingkup kegiatan perusahaan bergerak dalam bisnis produksi pakan ternak, khususnya pakan ternak ayam ras pedaging induk, pakan ternak ayam ras pedaging komersial, pakan ternak ayam ras petelur, dan anak ayam berusia satu hari (DOC).Selain itu, PT Malindo Feedmill Tbk juga menghasilkan beberapa produk ayam olahan.

Ada 2 poin signifikan yang menjadi pertimbangan dalam melihat “nilai” dari saham MAIN setidaknya hingga saat ini, yaitu :

  • [point 1] Memiliki valuasi yang telah cukup murah atau UnderValue [Baca : Anda bisa memiliki bisnis yang tidak bisa dipandang sepele dengan mengeluarkan “biaya” atau nilai investasi yang murah jika mulai meng-akumulasi sahamnya saat ini].

MAIN atau PT. Malindo Feedmill Tbk.di harga kisaran 715-an/share memiliki valuasi MURAH dengan PBV 0,92x atau < 1x [Catatan : PER saham MAIN memang bukan yang ter-murah namun PBV lebih mencerminkan tingkat valuasi dari suatu saham perusahaan], menariknya valuasi saham MAIN ini menjadi saham sektor pakan ayam atau industri dasar / kimia dengan valuasi termurah saat ini atau setidaknya hingga kuartal pertama tahun 2018 [Catatan : setelah di lakukan comparasion dengan beberapa saham sektor bisnis pakan ayam SIPD, CPIN dan JPFA]. Meski perlu di pahami bahwa valuasi MURAH pada saham MAIN saat ini bisa dikatakan wajar terjadi karena kinerja MAIN yang belum cukup bagus. But, ada peluang disini ! [Catatan : lanjutkan dengan membaca poin berikutnya terkait BRAND atau Intangible Asset].

  • [point 2] Memiliki Intangible Asset yang bisa dikatakan masih akan menarik atau menarik hingga setidaknya saat ini [Catatan : Brand / merk, Formula Produksi, Pangsa Pasar dan sebagainya].

MAIN atau PT. Malindo Feedmill Tbk. merupakan perusahaan bisnis utama pakan ternak, pembibitan ayam, peternakan ayam pedaging serta makanan olahanyang memiliki Intangible Asset pada BRAND atau merk serta pangsa pasar dan pengalaman yang kuat tidak kalah dengan saham pilihan penulis sebelumnya.

Pengalaman MAIN atau PT. Malindo Feedmill Tbk. tidak bisa di pandang remeh, dimana MAIN pernah menerima penghargaan “Best of The Best ” dari majalah bisnis dan keuangan Forbes Indonesia [Catatan : Forbes adalah salah satu media terbesar di dunia] selama 4 tahun berturut – turut dan hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat selama di tahun yang sama yaitu 2011 – 2014 harga saham MAIN terus melonjak naik dari 670/share hingga 3900-an/share menjelang akhir 2014 atau sebelum akhirnya IHSG atau Market mengalami sedikit CRASH di tahun 2015.

Penghargaan yang diterima MAIN tersebut sejalan dengan kenaikan harga sahamnya dan tentu menunjukkan kuatnya aspek kompetitif dalam produksi produk yang dihasilkan oleh MAIN dan tentu hal tersebut merupakan bentuk dari Intangible Asset yang memang tidak bisa hanya dinilai dengan ukuran nominal atau angka saja. Penilaian tersebut di “amin ni” dengan diperolehnya penghargaan Bisnis Indonesia Award 2014 untuk kategori Emiten Terbaik Sektor Industri Dasar dan Kimia dari surat kabar Bisnis Indonesia.

So, Intangible Asset berupa pangsa pengalaman Malindo Feedmill inilah yang tidak bisa di nilai MURAH. Bahkan Japfa Comfeed, Sierad Produce hingga Charoen PokPhand Indonesia [Catatan : setidaknya selama 4 tahun berturut MAIN telah memiliki pengalaman mampu bersaing ketat dengan perusahaan sektoral yang sama namun kelas dunia seperti JPFA dan CPIN] So, memperoleh saham MAIN saat di valuasi yang bisa dikatakan UnderValue bukan merupakan keputusan yang asal “main – main” tanpa pengukuran dan pertimbangan komprehensif serta mendalam.

Hingga menjelang semester pertama tahun 2018 ini belum ada perkembangan atau aksi korporasi terbaru dari MAIN yang perlu Penulis berikan review khususnya.

Berikut poin – poin signifikan Kinerja Keuangan (Fundamental) dari MAIN jika di komparasi secara YOY (Year on Year) menggunakan Laporan Keuangan 3M17 vs 3M18.

Laba yang dihasilkan MAIN masih bersumber dari bisnis utama perusahaannya yaitu berupa Pakan, Anak Ayam Usia Sehari, Ayam Pedaging, Makanan Olahan dan lainnya.Penghasilan atau Penjualan dengan kontribusi peningkatan terbesar ada pada segmen Ayam Pedaging 84% (YOY), Makanan Olahan 45% (YOY), Makanan Olahan 10% (YOY) dan Anak Ayam Usia Sehari 2% (YOY).

Dalam hasil perolehan Laba Sebelum Pajak (EBT), MAIN telah menunjukkan adanya perubahan biaya utama yang naik namun dalam batas kenaikan wajar sesuai proporsi wajar kenaikan pendapatan atau penjualan produk bisnis MAIN.

Dimana beban penjualan naik sebesar 18% (YOY), beban umum dan admin naik sebesar 10% (YOY) dan menariknya beban keuangan justru turun sebesar 17% (YOY), artinya ada peningkatan performa pada MAIN

Secara komprehensif dalam perolehan laba perusahaan, MAIN masih lebih dominan di hasilkan dari penjualan bisnis utamanya.

Perubahan pada Financing Cash Flow saham MAIN menunjukkan upaya positif dalam pemenuhan kewajiban dan pengurangan hutang – hutang MAIN yang tentu saja dapat mengurangi biaya – biaya di luar bisnis utama seperti biaya bunga pinjaman dan semacamnya yang dapat mengikis laba perusahaan kedepannya.

Jadi, khusus untuk saham MAIN pilihan Penulis ini, Anda atau para pembaca bisa kembali membaca poin – poin di atas atau di awal yang sebelumnya Penulis sampaikan.

Terkait Laporan Keuangan di kuartal 1Q18/3M18 saat ini kinerja MAIN telah menunjukkan atau mencerminkan adanya recovery fundamental yang cukup signifikan, Namun masih dibutuhkan konfirmasi recovery fundamental di kuartalselanjutnyaatau 2Q18/1H18 untuk menilai konsistensi atas kinerja MAIN.

Tentu masih ada potensi besarhasil kinerja MAIN yang akan tercermin di LK (Baca :laporan Keuangan) kuartal – kuartal selanjutnya masih akan membukukan hasil kinerja yang menarik[Catatan : setelah hasil LK 1Q18/3M8 menunjukkan adanya recovery fundamental cukup signifikan].

Namun, Jika saat ini [Baca : menjelang semester pertama tahun 2018] harga saham MAIN masih juga retracement atau belum juga “kemana – mana”hal ini dikarenakan fundamental dari MAIN baru saja mencerminkan recovery fundamental yang tentunya masih perlu konfirmasi atas konsistensi kinerjanya di kuartal selanjutnya.

Jadi, pertimbangkan baik – baik. Harusnya sepadan dengan kinerja dan valuasinya [Baca : UnderValue] saat ini yang artinya tetap saja Nothing To Lose untuk memiliki saham MAIN saat ini.

Di atas adalah review analisis Penulis via Ebook Kuartalan (1Q18/3M18) saham MAIN. Yups ! saat review saham MAIN ini di publish via website bullrecommend.com harga saham MAIN sudah dikisaran 790/share [per 21 Juli 2018].

Apakah saham MAIN masih menarik untuk di akumulasi BELI ? dan apakah harga saham MAIN akan mampu naik cukup tinggi dari harganya saat ini ?. Let’s see the market !

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media

 

 

(Visited 2,699 times, 7 visits today)

Comments are closed.