Pelita Samudera Shipping : Fundamental Menarik, Valuasi UnderValue, Ekspansi Aset, Peluang Diversifikasi Bisnis Hingga Harga Batubara di Atas US$ 100 PMT :: Saham PSSI Menarik (2018) ?

Lippo Cikarang : Adakah Peluang di Balik UnderValue Saham LPCK ?
July 23, 2018
Dyandra Media International : Bisnis Event, Convention and Exhibition di Era Digital Agency :: Saham DYAN Menarik (2018) ?
September 28, 2018
Show all

Pelita Samudera Shipping : Fundamental Menarik, Valuasi UnderValue, Ekspansi Aset, Peluang Diversifikasi Bisnis Hingga Harga Batubara di Atas US$ 100 PMT :: Saham PSSI Menarik (2018) ?

Menariknya saham PSSI ? : Mulai dari Fundamental yang menarik, valuasi saham yang masih “tertahan” UnderValue, ekspansi asset berupa kapal – kapal baru guna efisiensi operational cost, peluang diversifikasi bisnis jasa transportasi logistik komoditas minyak kelapa sawit atau CPO dan harga batubara atau COAL yang masih “bertahan” di atas US$ 100 PMT hingga meningkatkan volume permintaan jasa transportasi logistik komoditas batubara, maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham PSSI ?

Apakah harga saham PSSI sanggup mencapai ke >200/share ?.

[PSSI]

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs bullrecommend.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu bahkan hingga telah menginjak semester satu tahun 2018 Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada awal pekan bulan Juli tahun 2018) tinggi seperti saham INKP yang bisa Anda baca [ disini ], saham ERAA yang bisa Anda baca [ disini ], saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham KOBX yang bisa Anda baca [ disini ], saham IMAS yang bisa Anda baca [ disini ], saham POLY yang bisa Anda baca [ disini ], saham SMCB yang bisa Anda baca [ disini ], saham MAIN yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham PSSI di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan bullrecommend.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham PSSI maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Hasil analisis [terbatas] saham PSSI ini di publish via Website BullRecommend Agustus 2018. Tentunya Ebook Review analisis saham PSSI versi lengkapnya di publish secara RealTime via email hanya untuk Anggota BLS [Baca : BullRecommend Limited Seat].

PT. Pelita Samudra Shipping Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi logisitik dan transportasi laut yang terintegrasi kepada perusahaan – perusahaan pertambangan batu bara dan mineral di Indonesia. PSSI berupaya menjadi penyedia utama solusi industrial dan maritim yang terintegrasi untuk beragam kebutuhan logistik dan transportasi laut di Asia.

PSSI berdiri sejak tahun 2007, merupakan bagian dari IMC Group-penyedia utama solusi industrial dan maritim terintegrasi untuk aneka-ragam keperluan logistik dan transportasi laut untuk muatan kering atau likuid di Asia, PSSI dimulai dengan armada baru (Catatan : 25 unit Tug dan 27 unit Barge). Kemudian PSSI mengakuisisi 4 Floating Loading Facility (FLF) baru untuk melengkapi armada PSSI.

PSSI adalah perusahaan penyedia solusi logisitik dan transportasi laut yang terkemuka di Indonesia selama 11 tahun untuk pengangkutan dan pemindahan muatan batubara terintegrasi yang menyediakan fasilitas kapal tunda dan kapal tongkang [Baca : tugs and barges], fasilitas muatan apung [Baca : Floating Loading Facility], fasilitas bongkar muat apung [Baca : Floating Crane] dan Mother Vessel Handymax yang merupakan fasilitas bernilai tambah bagi konsumen PSSI. Perlu diketahui bahwa PSSI juga menjadi pelopor fasilitas muatan apung dimana seluruh operasi didukung oleh ISO Management System 9001:2015 Total Quality Management, ISO 14001:2015 Environmental Management System dan juga OHSAS 18001:2007 Occupational Health and Safety Assessment Series.

Jadi, apa yang membuat saham PSSI masih menarik sehingga layak masuk dalam daftar saham pilihan, setidaknya sampai dengan saat review ini ditulis ?.

Let’s chek this out !

Pertama, PSSI adalah salah satu atau saat ini [Catatan : Penulis cukup yakin berdasarkan perhitungan yang kuat dan detail] saham sektor jasa logistik terkait komoditas batubara yang masih konsisten hingga 2Q18/1H18 menunjukkan peningkatan signifikan kinerja [Baca : fundamental] dimana harga saham nya masih belum mencerminkan kenaikan yang sama dengan kinerja nya. So, apakah ini merupakan peluang ?, mengingat harga batubara masih terjaga di atas US$ 100 PMT dan program pemerintah yaitu listrik 35,000 MW masih terus dilakukan hingga review saham PSSI ini ditulis maka jawabannya tentu saja ini merupakan peluang yang ada pada saham PSSI saat ini.

Kedua, kinerja yang tercermin dalam laporan keuangan 2Q18/1H18 saham PSSI telah positif menunjukkan peningkatan kinerja atau fundamental yang signifikan secara YOY atau dibandingkan tahun sebelumnya. Menariknya, di saat kinerja PSSI saat ini atau 2Q18/1H18 meningkat drastis namun valuasi PSSI masih “bertahan” cukup murah dengan PBV dibawah 1x dan PER dibawah 10x. Tentu saja hasil dari LK 2Q18/1H18 dari saham PSSI ini telah sekaligus menunjukkan konsistensi recovery fundamental.

Ketiga, Efisiensi optimal mampu dilakukan oleh PSSI yaitu dengan penekanan biaya operasional atau juga biaya utama dengan cara PSSI selalu memonitor penggunaan bahan bakar dan minyak diesel serta biaya teknis kapal dan perbaikan pemeliharaan kapal. Selain itu, efisiensi optimal yang dilakukan PSSI juga di dukung oleh keputusan ekspansi kapal baru dengan penghematan biaya sewa kapal. Efisiensi utama yang optimal PSSI ditunjukkan dengan naiknya Pendapatan Usaha sebesar 56% (YOY) dimana kenaikan Pendapatan PSSI tersebut 100% ! lebih tinggi dibandingkan kenaikan Beban Pokok Pendapatan pada 2Q18/1H18 (YOY) . Tentu saja selisih kenaikan atau peningkatan pendapatan dan beban ini menunjukkan optimalisasi efisiensi yang MENARIK oleh PSSI .

Keempat, Sebagian besar dana hasil IPO di akhir 2017 lalu yang berhasil dikumpulkan sebesar IDR 135 miliar, 60% digunakan PSSI untuk aktivitas bertujuan investasi jangka panjang yaitu pembelian kapal Mother Vessel senilai US$ 800 juta, 20% untuk pelunasan hutang ke UOB Singapura senilai US$ 2 juta dan sisa dana hasil IPO digunakan untuk pembelian bahan bakar, suku cadang dan pemeliharaan. Penambahan kapal baru yang dilakukan PSSI ini termasuk bentuk upaya yang mampu meningkatkan penghematan biaya sewa kapal di saat meningkatnya jasa pengangkutan batubara yang semakin tinggi. Tentu saja keputusan atau strategi PSSI ini bisa dikatakan ideal dan MENARIK.

Kelima, PSSI selain melakukan ekspansi dalam bentuk asset, juga melakukan ekspansi peningkatan perolehan kontrak baru, dimana PSSI tengah mengikuti 16 kontrak baru untuk pemindahan muatan batubara di FLF dan tugs and barges. Selain itu, di tahun 2018 ini PSSI juga memperoleh banyak nilai kontrak dari Sakari Resource Group atau anak afiliasi dari PT. Jembayan Muarabara senilai US$ 57 Juta. Jadi, untuk mendukung penyelesaian kontrak – kontrak baru tersebut maka PSSI telah menambah asset kapal baru seperti kapal Mother Vessel dengan kapasitas 30,000 metrik ton di tahun 2018 ini dan juga 2 unit kapal tunda serta 2 unit kapal tongkang senilai 50 miliar. Kapal – kapal baru tersebut yang mana sebagian di beli tahun 2017 sebagian besar beroperasi secara penuh di tahun 2018 ini dengan tingkat utilitas mencapai 96,5% hingga pada 2Q18/1H18. Artinya, kontribusi dari pendapatan kapal baru akan masuk mulai tahun 2018 ini, menarik bukan ?. Perlu diketahui bahwa total kapal PSSI hingga saat ini sebanyak 36 kapal tunda, 37 kapal tongkang dan 4 unit kapal floating loading facilities atau FLF.

Keenam, Capex atau Capital Expenditure tahun 2018 yang telah di anggarkan PSSI sebesar US$ 23 juta, sebagian besar digunakan untuk menyokong diversifikasi bisnis ke pengangkutan minyak kelapa sawit [Catatan : sebelumnya, bisnis utama PSSI adalah pengangkutan batubara], dimana penambahan kapal khusus angkutan minyak kelapa sawit masih direncanakan oleh PSSI atau bisa dikatakan dalam tahap studi kelayakan bisnis. Diversifikasi bisnis yang dilakukan PSSI ini merupakan keputusan yang menarik dan ideal terutama untuk mengantisipasi bisnis terkait batubara dari tekanan fluktuasi harga batubara meski sebenarnya bidang bisnis PSSI tidak terkait secara langsung pada harga batubara karena PSSI bukan produsen komoditas batubara melainkan penunjang bisnis produsen atau penjual batubara. Selain dengan diversifikasi bisnis ke minyak sawit, untuk mengantisipasi fluktuasi harga batubara maka PSSI juga telah melakukan kontrol biaya secara ketat dan disiplin.

Perkembangan aksi korporasi di semester pertama tahun 2018 atau menjelang kuartal 3 ; tahun 2018 dan menarik yang masih terus dilakukan oleh PSSI di antaranya ialah :

  • PSSI berhasil memperoleh kontrak hingga tahun 2021 dari anak usaha PTBA atau PT. Bukit Asam Tbk. senilai US$ 8,4 juta dimana perolehan kontrak tersebut melalui tender pengerjaan bongkar muat batubara dengan Floating Crane ke Vessel.
  • Kebijakan B20 atau bahan bakar minyak jenis solar yang dicampur 20% komponen minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil yang akan ditetapkan pada 1 September 2018 oleh Pemerintah tentu akan meningkatkan jumlah permintaan CPO dalam negeri [Catatan : perlu diketahui bahwa ekspor CPO hingga saat ini (2018) masih menurun]. Hal tersebut atau Kebijakan B20 tentu juga akan berdampak positif pada jasa logistik angkutan minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil. Mengingat PSSI akan mendiversifikasi bisnisnya ke jasa logistik angkutan minyak kelapa sawit maka tentu B20 adalah sebuah program kebijakan dari Pemerintah yang positif utamanya untuk kinerja PSSI kedepannya. So, Let’s see !

Finaly, dengan fundamental yang masih menarik, harga batubara yang masih bertahan di atas US$ 100 PMT, Kebijakan B20 yang akan segera di realisasikan dan hasil ekspansi asset PSSI berupa kapal – kapal serta diversifikasi lini bisnis PSSI dibarengi valuasi saham PSSI yang masih bisa dikatakan UnderValue hingga saat review ini ditulis maka “Apakah nantinya saham PSSI akan menjadi saham yang dapat memberikan hasil investasi yang bagus ? dan apakah harga saham PSSI akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?”.

Let’s see the market ! [Catatan : selengkapnya hanya ada di Ebook Kuartalan bullrecommend.com].

Berikut poin – poin signifikan Kinerja Keuangan (Fundamental) dari PSSI jika di komparasi secara YOY (Year on Year) menggunakan Laporan Keuangan 1H17 vs 1H18.

Laba yang dihasilkan PSSI masih bersumber dari bisnis utama perusahaannya, dimana peningkatan pendapatan meningkat signifikan merata di semua segmen bisnis utama PSSI yaitu pendapatan Muatan Apung dan Pengangkutan, Sewa Berjangka, Biaya Penahanan, Biaya Kelebihan Waktu Berlabuh, Biaya Bongkar Muat dan Penyesuaian Bungker yang secara berturut naik sebesar 47% (YOY), 149% (YOY), 216% (YOY), 99% (YOY), 100% (YOY) [catatan : pendapatan dari biaya bongkar muat di tahun lalu tidak ada] dan 480% (YOY).

Dalam hasil perolehan Laba Sebelum Pajak (EBT), Meski terdapat kenaikan Beban Operasi sebesar 39% (YOY), namun kenaikan tersebut tidak cukup bisa dikatakan signifikan jika dibandingkan dengan Pendapatan Utama perusahaan atau dalam hal ini PSSI.

Menariknya lagi, Beban Lain – Lain menunjukkan kenaikan sebesar 585% ! (YOY). Hasil tersebut sebenarnya menunjukkan indikator yang negatif untuk kontribusi kinerja PSSI, namun pada penilaiannya [Catatan : secara Value Investing] pos terkait Akun Lain – Lain bukan termasuk dalam aktivitas bisnis utama perusahaan [Baca : PSSI] maka dalam peningkatan kerugiannya akibat pos tersebut karena dibarengi dengan masih “bertahannya” Earnings Before Tax atau Laba Sebelum Pajak pada posisi yang meningkat signifikan positif maka itu artinya kinerja dalam bentuk laba yang dihasilkan PSSI masih dominan dari hasil aktivitas utama perusahaan.

Perubahan pada Investing Cash Flow saham PSSI menunjukkan pengeluaran kas nya masih dominan digunakan untuk Perolehan Asset Tetap yang berkontribusi sebesar 99% dari total Arus Kas Bersih Yang digunakan Aktivitas Investasi. Artinya, PSSI mengalihkan dana kas nya untuk di ubah menjadi asset yang tentu berguna sebagai bentuk rencana strategis jangka menengah hingga panjang untuk peningkatan kinerja kedepannya.

Selanjutnya, Perubahan pada Financing Cash Flow saham PSSI menunjukkan tidak adanya lagi Penerimaan Modal Disetor bukan indikator yang buruk, namun adanya pos Pembayaran Dividen Tunai merupakan suatu bentuk indikator yang tidak MENARIK khususnya secara kaidah Value Investing.

[Catatan : perusahaan milik Warren Buffet atau Berkshire Hathaway sudah puluhan tahun tidak pernah membagikan dividen tunai karena dana laba ditahan di alokasikan pada pos yang bertujuan ekspansif untuk masa depan].

Harga saham PSSI masih belum “kemana – mana” atau cenderung masih retracement [Catatan : belum naik mendekati valuasi wajarnya hingga review 2Q18/1H18 ini ditulis] sejak beberapa waktu lalu. Sekalipun harga saham PSSI masih belum “kemana – mana”, namun PSSI terbukti konsisten memberikan hasil return yang memuaskan seperti yang tercermin di setiap LK per kuartal nya (Catatan : Lihat kembali sejak LK 1Q18/3M18).

So, tentu saja ada peluang positif kedepannya bagi harga saham PSSI untuk segera menyesuaikan setidaknya ke valuasi wajarnya.

Setelah tahu review hasil analisis [TERBATAS] mengenai saham PSSI seperti yang telah di uraikan di atas, Apakah saham PSSI menarik untuk di akumulasi BELI ?.

[Catatan : selengkapnya hanya ada di Ebook Kuartalan bullrecommend.com].

Apakah harga saham PSSI akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?. Let’s see the market !


Di atas adalah review hasil analisis [TERBATAS] Penulis via Ebook Kuartalan (2Q18/1H18) saham PSSI. Yups ! saat review hasil analisis [TERBATAS] saham PSSI ini di publish via website bullrecommend.com harga saham PSSI berada dikisaran 160/share [per 29 Agustus 2018].


(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media

(Visited 1,861 times, 1 visits today)

Comments are closed.