Recovery Fundamental : LEAD Bersiap Merespon Menariknya Harga Minyak dan Potensi Rangkaian FRSU Serta Potensi Pengangkutan LNG :: Bagaimana LEAD selanjutnya (2018) ?

PGAS : Mulai Dari Menyambut Lelang Blok Migas 2018, Penggabungan PERTAGAS & PGAS Hingga Potensi Dari Konsorsium PGAS, Pertamina & Engie (Perusahaan Perancis) Untuk Fasilitas LNG Terbesar (Nilai Investasi Sekitar US$ 1 Miliar) : Bagaimana PGN Selanjutnya ?
February 5, 2018
Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal IV 2017
February 20, 2018
Show all

Recovery Fundamental : LEAD Bersiap Merespon Menariknya Harga Minyak dan Potensi Rangkaian FRSU Serta Potensi Pengangkutan LNG :: Bagaimana LEAD selanjutnya (2018) ?

Menariknya saham LEAD : Mulai dari potensi [PLAN] peran LEAD dalam pengangkutan LNG atau Liquefied Natural Gas fasilitas FRSU atau Floating Storage Regasification Unit, harga Crude Oil di atas US$ 55 Pbr, kontrak lama dengan sejumlah perusahaan berkelas [seperti : Medco, PHE dan BP Tangguh], Right Issue sebagai bentuk atau upaya dalam mengurangi beban bunga hutang sekaligus menyambut “Menuju Poros Maritim” hingga rencana akan dibangunnya sebanyak 33 FRSU di seluruh Indonesia. maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham LEAD ?

Apakah harga saham LEAD sanggup mencapai ke >180/share ?.

 

 

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs bullrecommend.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu atau menjelang akhir tahun 2017 Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham sektor perkapalan yang bisa Anda baca [ disini ] dan beberapa diantaranya terdapat saham – saham perkapalan menarik pilihan Penulis adalah SOCI, BULL, SMDR, MBSS dan LEAD yang mana artikel analisis terkait saham SMDR bisa Anda baca [ disini ] dan untuk saham MBSS bisa Anda baca [ disini ]. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham LEAD di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan bullrecommend.com lainnya bisa Anda baca ( disini ) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham LEAD maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Perlu Anda ketahui bahwa saham LEAD ini telah diberikan Reminder / Disclousure Akumulasi BELI/HOLD secara bertahap di harga <75/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak [menjelang] akhir tahun 2017 oleh BullRecommend.

Hasil analisis [terbatas] saham LEAD ini di publish via Website BullRecommend Februari 2018. Tentunya Ebook Review analisis saham LEAD telah di publish lebih dulu secara RealTime via email (Desember 2017 – tepat saat harga saham LEAD berada di harga layak akumulasi).

Berikut adalah ScreenShoot Reminder Akumulasi BELI {bertahap} di harga <75/share pada Tanggal 12 Desember 2017 dan 29 Desember 2017 (Setiap saat harga saham LEAD di harga layak akumulasi) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

                                                       

Berikut adalah ScreenShoot Disclousure Akumulasi BELI saham LEAD secara bertahap via Telegram BullRecommend LS [Screenshot akumulasi {bertahap} beli saham LEAD (13 September 2017 [saat RETRACEMENT EKSTREM & saat masih dilakukan telaah ulang pada analisis saham LEAD] ; 73/share] (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Berikut adalah ScreenShoot Disclousure JUAL / Taking Profit saham LEAD di harga 129/share pada Tanggal 25 September 2017 ( BLS melakukan Taking Profit cukup banyak dari hasil Akumulasi BELI secara bertahap sebelumnya ; Taking Profit sebesar 50% atau separuh dari total keseluruhan saham LEAD yang telah di BELI ; Keputusan JUAL sesuai PLAN BullRecommend – Tidak Panic Buying / Selling ! ) via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Gambaran / Alur PLAN untuk saham LEAD yang telah dilakukan BullRecommend : (Bagaimana selanjutnya ?, Hanya di BullRecommend Limited Seat !

Berikut adalah ScreenShoot hasil review analisis Laporan Keuangan per kuartal saham LEAD (2017) di Ebook 3Q17/9M17 via Telegram BullRecommend LS (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

                                                 

—- Ebook Kuartal terkait saham LEAD terbit sejak Desember 2017

Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartal saham LEAD di akhir 2017 lalu [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

[Ebook Review atas Laporan Keuangan 3Q17/9M17 saham LEAD ini terbit via email pada Desember 2017 lalu atau sejak harga saham LEAD berada di harga layak akumulasi yaitu sejak harga <75/share]

 

Saham emiten perkapalan pilihan penulis yang cukup kontroversial adalah LEAD atau PT. Logindo Samudramakmur Tbk. dimana perusahaan memiliki dan mengoperasikan beragam kapal lepas pantai untuk mendukung industri minyak & gas.

Kenapa saham ini menjadi pilihan penulis yang menarik namun kontroversial ?. Hal ini karena jika Anda membaca laporan keuangan LEAD maka masih ditemukan cukup banyak angka – angkanya yang merah. But, tahukah Anda apa yang membuat LEAD cukup menarik saat ini ?. Here we go !

Sejak awal tahun 2017 lalu LEAD telah berupaya menjual sejumlah kapal – kapal yang sudah tua atau berkapasitas kecil (Catatan : sekitar 14 kapal namun masih beberapa yang terjual) dengan nilai nominal sekitar US$ 4 Juta – US$ 6 Juta. Hasil dari penjualan tersebut digunakan untuk strategi bentuk recovery hutang – hutang LEAD saat harga Crude Oil masih dibawah US$ 50 Pbr.

Saat harga Crude Oil menginjak di atas US$ 50 Pbr seperti saat ini (Baca : sejak pertengahan tahun 2017), LEAD berbenah dengan mulai melakukan RI atau Right Issue sebagai bentuk atau upaya dalam mengurangi beban bunga hutang sekaligus menyambut “Menuju Poros Maritim” salah satunya LEAD berupaya mengikuti rangkaian fasilitas FRSU atau Floating Storage Regasification Unit untuk mengambil peran dalam pengangkutan LNG atau Liquefied Natural Gas . Perlu diketahui bahwa FRSU ini rencanannya akan dibangun sebanyak 33 FRSU di seluruh Indonesia.

Terkait soal FRSU dan fasilitas LNG terbesar [terkait tender / konsorsium] yang rencanannya mulai tahun 2018 juga harusnya berdampak positif pada PGAS dan Anda bisa membacanya [ disini ] .

Penulis bisa katakan bahwa bukan tidak mungkin LEAD mampu mendapatkan tender konsorsium FRSU besar tersebut, hal ini melihat historis LEAD yang berpengalaman dalam jasa angkutan minyak dan gas. LEAD sampai dengan detik ini masih memiliki kontrak lama dengan sejumlah perusahaan berkelas seperti Medco, PHE dan BP Tangguh.

Secara singkat, selama harga Crude Oil tidak jatuh dibawah US$ 50 Pbr, Manajemen LEAD konsisten untuk mengurangi hutang atau pinjaman LEAD (Catatan : Jika ingin tambah modal maka LEAD sudah benar melalui jalan Right Issue meski akan menambah likuiditas jumlah saham), LEAD sanggup ekspansi ke bisnis pengangkutan LNG dengan FRSU maka bukan tidak mungkin harga saham LEAD akan kembali menyesuaikan ke harga wajarnya dari harga sahamnya saat ini. Jadi, Let’s see (Baca : Biarkan mekanisme pasar yang akan menjawabnya).

Berikut poin – poin signifikan Kinerja Keuangan (Fundamental) dari LEAD jika di komparasi secara YOY (Year on Year) menggunakan Laporan Keuangan 9M16 vs 9M17.

Perubahan signifikan terhadap turunnya Laba Bruto dari kontribusi turunnya Pendapatan segmen jasa sewa kapal sebesar 22% (YOY) dan segmen pelayaran lainnya sebesar 23% (YOY). Sedangkan sebenarnya Beban (utama) pokok penjualan justru masih mampu lebih efisien sebesar 13% (YOY). Artinya usaha LEAD dalam melakukan upaya efisiensi operasional bisnis utama mulai ditunjukkan di 3Q17/9M17 saat ini. Hanya saja memang karena harga minyak mentah dunia yang masih dibawah US$ 60 Pbr membuat harga sewa jasa kapal menjadi kurang ideal.

Di dalam hasil perolehan (Rugi) Sebelum Pajak (EBT) terdapat upaya efisiensi yang cukup baik dengan ditunjukkan penurunan beban umum dan administrasi yang turun sebesar 16% (YOY) dan beban operasi lainnya yang turun signifikan sebesar 99% ! (YOY). Selain beban terkait bisnis utama dan lainnya dari LEAD yang menurun juga terdapat pendapatan operasi lainnya yang meningkat signifikan sebesar 3,950% !! (YOY). Tentu saja pola recovery ini wujud upaya perbaikkan fundamental LEAD yang bisa dikatakan cukup menarik.

Sederhanannya LEAD telah menunjukkan hasil dari upaya efisiensi beban (bisnis utama) dan tentu saja hal tersebut bentuk dari hasil pengurangan hutang yang dilakukan LEAD. Selebihnya terkait pendapatan sewa kapal yang masih kurang “ideal” ini menunggu harga minyak mentah dunia setidaknya mampu naik diatas US$ 60 Pbr atau minimal di atas US$ 55 Pbr.

Peningkatan arus kas (kas masuk) aktivitas investasi LEAD pada 3Q17/9M17 tidak berarti menarik. Maksudnya adalah bahwa kenaikan arus kas (masuk) dominan diperoleh dari hasil Penjualan Asset Tetap (Investasi) yang naik sebesar 7,318% (YOY), dimana pada tahun lalu hanya terjadi dalam jumlah atau nilai yang lebih kecil dan justru juga terdapat peningkatan arus kas (keluar) yang digunakan untuk pembelian asset tetap.

So, LEAD pada 3Q17/9M17 ini belum mengalihkan banyak dana kas nya untuk di ubah menjadi asset yang tentu berguna sebagai rencana strategis jangka menengah hingga panjang. Namun, bukan berarti LEAD beberapa waktu kedepan tidak melakukan strategi ekspansi karena (kebanyakan) perusahaan penyewaan kapal akan berekspansi ketika harga minyak dunia akan kembali membaik setidaknya naik di atas kisaran harga US$ 60 Pbr.

Penurunan arus kas (kas keluar) aktivitas pendanaan LEAD ini signifikan dikarenakan adanya aktivitas baru berupa Penerimaan dari Penerbitan Saham Baru (Catatan : dimana aktivitas ini tidak terjadi di tahun lalu atau 3Q16/9M16) sebesar US$ 7,195,110 dan menariknya aktivitas baru ini tentu saja positif karena bukan merupakan tambahan pinjaman dana atau hutang yang dapat menimbulkan peningkatan beban bunga. Bahkan pada 3Q17/9M17 ini, LEAD masih dominan melakukan upaya pembayaran pinjaman bank jangka panjang, pembayaran biaya pinjaman dan pembayaran liabilitas sewa pembiayaan disertai tidak melakukan sama sekali upaya tambahan penerimaan bank jangka panjang maupun pendek.

Kesimpulannya LEAD masih memiliki upaya recovery fundamental yang cukup menarik. [Catatan : setidaknya sampai dengan detik ini] dan tentunya pada harga beli saham di harga tertentu. (Catatan : Tentu saja secara penuh karena LEAD terkait Crude Oil maka kinerjanya akan signifikan tergantung pada harga minyak mentah dunia. Menarik jika harga minyak mentah dunia mampu bertahan setidaknya di atas US$ 55 Pbr).

Di atas adalah review analisis Penulis [via Ebook Kuartal 3Q17/9M17] mengenai LEAD [saat Ebook Kuartalannya terbit harga saham LEAD masih dikisaran 75/share dan tentu saja saat itu penulis masih “gencar” melakukan reminder]. Yups ! saat review saham LEAD ini di publish via website bullrecommend.com harga saham LEAD sudah dikisaran 138/share.

Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham LEAD masih menarik untuk di akumulasi BELI ?

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham LEAD ini setelah harga sahamnya naik (Sejak di berikan Reminder / Disclousure nya via Telegram BullRecommend LS untuk melakukan Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham LEAD masih di kisaran <75/share) ?.

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media

(Visited 5,901 times, 1 visits today)

Comments are closed.