Valuasi Murah Saham SMDR dan 37 Terbesar dari 100 TOP Alphaliner di Dunia Serta Akuisisi Terminal Ditambah Galangan Kapal Baru SMDR (2017) : Bagaimana SMDR Dengan Kapal Eco-Design Selanjutnya (2018) ?

Docking Kapal dan Murahnya Valuasi Saham : MBSS Bersiap Merespon Menariknya Harga Batubara dan Potensi Mega Proyek Pembangkit Listrik :: Bagaimana MBSS selanjutnya (2018) ?
November 17, 2017

Valuasi Murah Saham SMDR dan 37 Terbesar dari 100 TOP Alphaliner di Dunia Serta Akuisisi Terminal Ditambah Galangan Kapal Baru SMDR (2017) : Bagaimana SMDR Dengan Kapal Eco-Design Selanjutnya (2018) ?

Valuasi saham SMDR yang terlampau murah dengan potensi terpendam dari SMDR yang begitu menarik bukan tidak mungkin harga saham SMDR akan melejit lebih tinggi lagi. SMDR masuk dalam peringkat 37 Alphaliner terbesar di dunia dari 100 Alphaliner terkemuka dunia. Akuisisi terminal OJA yang akan dilakukan beserta akan selesainnya galangan kapal baru di Madura senilai IDR 170 Miliar  pada akhir 2017 dan potensi besar 70 Tender kapal perintis dari proyek kapal tol laut Indonesia sebagai target tahun 2018 hingga selesai (Catatan : SMDR telah mampu menyelesaikan 2 kapal tol laut tahun 2017).

Apakah harga saham SMDR sanggup mencapai ke >750/share ?.

Perlu Anda ketahui bahwa saham SMDR ini telah diberikan Reminder / Disclousure Akumulasi BELI/HOLD secara bertahap sejak (Baca : selama) di harga <290/share lebih dulu via Telegram BullRecommend LS oleh BullRecommend (Juli 2017). [Catatan : di harga 290/share atau <5800/share sebelum dilakukan Stock Split rasio 1 : 20 saham SMDR].

Berikut adalah ScreenShoot Reminder / Disclousure Akumulasi BELI saham SMDR secara bertahap sejak (Baca : selama) di harga <290/share via Telegram BullRecommend LS. (Juli 2017 – Setiap saat harga saham SMDR di bawah harga 290/share) [Catatan : di harga 290/share atau <5800/share sebelum dilakukan Stock Split rasio 1 : 20 saham SMDR]. (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Berikut adalah ScreenShoot Potensi Charting T.N.S terpenuhi pada tanggal 22 November 2017 di harga >8800/share atau >440/share [Catatan : Ekuivalen rasio 1 : 20 setelah Stock Split]. (Beberapa hal sengaja di blur untuk menjaga ekslusivitas Anggota/member BullRecommend LS) –> Khusus Anggota / Member BLS :

Gambaran / Alur PLAN untuk saham SMDR yang telah dilakukan (reminder-nya untuk akumulasi BELI) BullRecommend : ( Bagaimana selanjutnya ?, Hanya di BullRecommend Limited Seat ! )

( Alur akumulasi saham SMDR yang telah di-reminder via Telegram BLS )

PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) kegiatan usahanya meliputi shipping termasuk pengangkutan barang dengan kapal dan kegiatan lainnya dengan bertindak sebagai agen baik keagenan lokal ataupun luar negeri maupun keagenan umum untuk perusahaan shipping lainnya.

Asal-usul Perusahaan berasal dari awal tahun 1950an dimulai sebagai agen pelayaran internasional yang didirikan oleh Mr. Soedarpo Sastrosatomo. Sejak tahun 1999, Perseroan telah tercatat di Bursa Efek Indonesia. PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) memiliki 5 lini bisnis dengan merek Samudera: Samudera Shipping, Samudera Logistics, Terminal Samudera, Instansi Samudera dan Properti Samudera untuk memberikan layanan berkualitas tinggi bagi pelanggan. Didukung oleh 4.000 karyawan, lebih dari 30 anak perusahaan dan 17 kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia serta kantor perwakilan di Asia.

SMDR –> Telah di reminder atau menjadi saham pilihan penulis via bullrecommend.com sejak harga sahamnya di kisaran <290/share (Catatan : Sebelum SMDR stock split 1 : 20 ekuivalen di harga 5800/share) dan reminder terus dilakukan untuk akumulasi beli hingga beberapa waktu selama harganya masih di bawah kisaran 290/share. Saham ini menarik bagi Kami ( Baca : http://bullrecommend.com/ ).

Semenarik apa saham ini? Bagaimana potensinya?.

Dalam kaidah value investing, selain fundamental perusahaan yang bagus,”Jaminan” dari saham perusahaan yang akan di BELI juga harus ada. “Jaminan eksternal maupun internal”.

Bagaimana dengan fundamental SMDR ?.

Secara singkat penulis bisa katakan bahwa valuasi harga saham SMDR (Baca : Saat di bawah kisaran harga 290-an atau sebelum stock split 1 : 20 ekuivalen di harga 5800/share) bisa dikatakan UnderValue atau masih terdiskon. Namun, performa atau kinerja SMDR masih belum bisa dikatakan bagus atau ideal (Catatan : Anda bisa melihatnya dari berbagai rasio keuangan nya seperti ROE NPM DER dan sebagainya). Tentu saja kesimpulan yang penulis katakan tersebut setelah melakukan perbandingan dengan perusahaan sejenis atau industri sejenis. Penilaian “similar” telah sama dilakukan terhadap saham MBSS yang bisa Anda baca juga disini .

Sebelum penulis lanjutkan, penulis seringkali ditanya soal “Bagaimana penulis dapat menemukan saham – saham yang valuasinya masih murah namun kedepannya punya alasan logis harga sahamnya bisa naik tinggi ? sedangkan pada waktu harga sahamnya masih murah (Baca : valuasi saham tersebut murah) tentu kebanyakan atau sebagian besar angka – angka pada laporan keuangan perusahaan masih merah merona ?”.

Yups, pertanyaan tersebut adalah salah satu pertanyaan bagus menurut penulis terutama jika Anda ingin menjadi seorang value investor. Lalu apa jawabannya ?.

Dalam kaidah value investing, selain fundamental perusahaan yang bagus, maka “Jaminan” dari saham perusahaan yang akan di beli juga harus ada (Baca : Jaminan eksternal maupun internal). Jadi, untuk melakukan akumulasi suatu saham di harga yang ideal (Baca : Dimungkinkan sudah paling murah) di waktu yang tepat tentu bukan saat angka – angka atau hasil kinerja terbaik perusahaan telah tercermin di laporan keuangan perusahaan. Karena, jika menunggu hasil kinerja terbaik perusahaan tercetak dalam laporan keuangan tentu saja pada saat itu harga sahamnya telah melejit atau naik tinggi sebelum sempat kita akumulasi (Baca : beli). But, tentu saja formula ini tidak berlaku untuk semua jenis saham pada keseluruhan sektor. Beberapa contoh nyata saham yang layak dengan formula tersebut adalah saham BUMI (Catatan : Anda bisa baca hasil analisisnya disini), saham INDY (Catatan : Anda bisa baca hasil analisisnya disini), saham MBSS (Catatan : Anda bisa baca hasil analisisnya disini) dan beberapa saham lainnya yang pernah penulis reminder via Telegram BLS.

Okey, sekarang melanjutkan analisis saham SMDR.

Dalam kaidah value investing, selain fundamental perusahaan yang bagus,”Jaminan” dari saham perusahaan yang akan di BELI juga harus ada.

Apa yang menarik dari SMDR ? dimana SMDR ini secara fundamental juga belum bisa dikatakan bagus amat atau bahkan kinerjanya belum menarik. Apa yang membuat saham SMDR bisa masuk dalam saham yang sesuai dengan kaidah value investing ? (Catatan : Pertanyaan ini tentu muncul sejak harga saham SMDR masih dikisaran 290/share atau 5800/share sebelum stock split dengan rasio 1 : 20 pada beberapa waktu lalu).

Beberapa hal atau fakta (Baca : “Jaminan internal” saham SMDR) yang membuat saham SMDR MENARIK (Catatan : Beberapa telah ada sejak awal tahun 2017 atau akhir 2016 atau sejak harga saham SMDR masih di bawah harga 290/share) adalah :

  1. Akhir 2016, total nilai pendapatan SMDR adalah yang tertinggi dibandingkan dengan emiten – emiten sejenis lainnya. Dimana nilai asset SMDR juga tercatat paling tinggi yaitu US$ 572 Juta per akhir 2016.
  2. SMDR mulai memberikan hasil positif di Era Poros Maritim 2015-2019 dan ini mulai dicapai saat harga saham SMDR atau valuasi SMDR tepat di harga termurah atau valuasi termurah.
  3. Ketika bisnis penyewaan kapal tertekan beberapa tahun lalu, Namun SMDR masih mampu memberikan tingkat pertumbuhan laba tertinggi yang dapat diatribusikan pada pemilik Induk sepanjang tahun lalu.
  4. SMDR meluncurkan armada baru MT Sinar Morotai berkapasitas angkut 44,50 m2 dimana kapal ini dibangun oleh galangan kapal Sasaki ShipBuilding Co. Ltd. Jepang. Kapal yang telah direncanakan beroperasi di 2017 ini digunakan untuk mengankut bahan kimia. (Pengangkutan bahan Kimia akan potensi lebih tinggi dimana saat ini Indonesia sedang mendukung peningkatan industri petrokimia nasional).
  5. SMDR telah berencana membangun galangan kapal di Madura – Jawa Timur dengan total investasi IDR 170 Miliar yang memiliki target selesai di akhir 2017.
  6. SMDR memperoleh pesanan pekerjaan untuk kapal tanker dengan kontrak yang akan berkelanjutan. Dimana kapal tersebut berbobot 4,000 Ton (Catatan : Produsen kapal dalam negeri belum bisa membuat kapal tersebut) dan sesuai dengan ukuran pelabuhan di Indonesia.
  7. SMDR bernegosiasi mendatangkan kapal berdaya angkut 1,800 TEUs sebanyak 2 unit dengan target baru 5 unit Eco-Design. Artinya meskipun ukuran 1,800 TEUs namun kapasitas angkutnya lebih tinggi yaitu 2,000 TEUs. Harga kapal Eco-Design lebih mahal dibandingkan kapal lama yang seharga US$ 6 juta – US$ 7 Juta, dimana kapal Eco-Desogn bernilai US$ 20 Juta.
  8. 70 Tender kapal perintis dari proyek kapal tol laut Indonesia sebagai target tahun depan (Baca : tahun 2018 hingga selesai) bagi SMDR untuk mampu berhasil memperoleh tender tersebut. SMDR telah menyelesaikan 2 kapal untuk proyek tol laut yaitu kapal Sabuk Nusantara 106 dan Sabuk Nusantara 98. Nilai proyek tersebut IDR 55 Miliar per kapal.
  9. SMDR via PT Samudera Terminal Indonesia akan (Baca : Berencana) mengakuisisi 100% saham PT. Perusahaan Bongkar Muat Olah Jasa Andal (Baca : OJA) dan target selesai sekitar Akhir 2018. Dengan akuisisi ini Samudera Terminal bisa menambah kapasitas sekitar 200,000 – 300,000 TEUs. Artinya total kapasitas tahun depan (Baca : Tahun 2018) bisa mencapai 1,2 Juta TEUs – 1,3 Juta TEUs.

Ekspansi mulai dari galangan kapal yang berpotensi tercapai 100 hektar, kontrak muatan angkut kimia cair yang berkelanjutan dalam jumlah JUMBO. Serta ekspansi kapal desain Eco-Design yang menjadi unggulan kompetitif SMDR menjadikan SMDR di harga saat ini menjadi masih murah dalam kaidah value investing.

Selanjutnya, bagaimana dengan “Jamina Eksternal” terkait saham SMDR sesuai kaidah value investing ?. Berikut :

Beberapa hal (Baca : “Jaminan eksternal” saham SMDR ataupun saham sektor perkapalan lainnya) yang membuat saham SMDR (Catatan : Juga saham sektor perkapalan lainnya) MENARIK adalah adanya pencapaian Menuju Negara Poros Maritim.

  • Potensi industri kapal dan jasa perawatan kapal (Galangan Kapal) sangat besar seiring dengan kebutuhan berbagai jenis dan ukuran kapal dengan proyeksi mencapai 1,000 unit per tahun.
  • Kemampuan galangan kapal saat ini baru mencapai 200-300 unit per tahun.
  • Jumlah docking kapal saat ini selitar 250 unit yang terkonsentrasi di Jawa dan Batam.
  • Diperlukan pembangunan Galangan Kapal Baru yang berteknologi canggih dan effisien di wilayah yang tersebar.
  • Dan beberapa atau sebagainya…

“Jaminan Internal” ekspansi penambahan kapal dan akuisisi lini bisnis terminal serta lahan galangan kapal ditambah “Jaminan Eksternal” proyek peningkatan menuju poros maritim 2015 s.d 2019 pemerintah Indonesia menjadikan SMDR patut untuk di BELI/HOLD di harga saham <290/share (Catatan : Tentu saja reminder telah diberikan via Telegram BLS sejak harga saham SMDR dibawah 290/share)

Tambahan FAKTA yang tidak kalah menariknya lagi adalah bahwa SMDR ini termasuk peringkat ke 37 terbesar di dunia dari 100 TOP Alphaliner atau perusahaan bidang industri pelayaran terbesar di dunia. Artinya SMDR atau PT Samudera Indonesia Tbk. ini memiliki besaran total TEUs peringkat 37 terbesar dari 100 TOP Alphaliner skala global atau dunia ! .

SMDR memiliki total capaian TEUs sebesar 38,721 dengan total 36 kapal terdaftar oleh TOP 100 Alphaliner. Tentunya ini berarti SMDR adalah Alphaliner peringkat 1 di Indonesia atau di atas Meratus Line, Tanto Intim Line, Temas Line dan beberapa Alphaliner lainnya. (Catatan : Coba periksa lagi barangkali penulis ada yang miss).

Lalu, data tersebut (Baca : TOP 100 Alphaliners) didapatkan darimana Pak ian ?. Anda bisa melihatnya disini .

Okey, lalu kenapa harga saham SMDR kok baru berpotensi naik di akhir tahun 2017 atau bahkan mungkin 2018 ?. Penulis yakin beberapa dari Anda atau pembaca memiliki pertanyaan demikian.

Jawabannya, tentu saja karena beberapa penambahan galangan kapal, penyelesaian proses akuisisi serta adanya potensi tender untuk kapal tol laut baru mulai dapat “dirasakan” atau dimanfaatkan di tahun 2018 nanti dan tentu saja setidaknya di tahun 2017/2016 tidak heran jika harga saham atau valuasi saham SMDR begitu murah sekali (Catatan : sempat menyentuh PBV 0,25) sebelum akhirnya kemarin sempat melonjak tinggi hingga 45% lebih sejak saham SMDR penulis reminder kan untuk terus akumulasi dibawah harga 290/share. Hal ini sama hal nya seperti saham MBSS yang dapat Anda baca disini beberapa waktu lalu.

Intinya adalah di saat harga saham SMDR di kisaran 290/share beberapa waktu lalu maka itu lah peluang emas atau ideal untuk dilakukan akumulasi beli saham SMDR dan itu kenapa salah satu alasan penulis saat harga saham SMDR masih di bawah kisaran harga 290/share terus mereminder untuk akumulasi beli bertahap via bullrecommend.com

Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham SMDR masih menarik untuk di akumulasi BELI ?

Apakah Anggota/Members BLS telah JUAL saham SMDR ini setelah harga sahamnya naik (Sejak di berikan Reminder / Disclousure nya via Telegram BullRecommend LS untuk melakukan Akumulasi BELI/HOLD saat harga saham SMDR masih di kisaran <290/share) ?.

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram BullRecommend LS, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia BullRecommend )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan BullRecommend LS. Klik REGISTRASI —> (di sini)

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (di sini)

Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik —> (di sini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS ?. Klik —> (di sini)

Apa itu Value Investing BullRecommend ?. Klik —> (di sini)

Profil dari BullRecommend. Klik —> (di sini)

Value Investing Indonesia BullRecommend !

NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.

(Visited 2,851 times, 83 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *