Wilmar Cahaya Indonesia (CEKA) dan Minyak Goreng Wajib Kemasan : Masa Transisi di 2018, Potensi kah bagi CEKA ?

Ebook Review atas LK Kuartal I 2017 : Launching !
May 14, 2017
Dubai Islamic Bank (DIB) dan Panin Dubai Syariah PLUS Obligator A+ PNBS : Potensi di tahun 2017 ?
June 3, 2017
Show all

Wilmar Cahaya Indonesia (CEKA) dan Minyak Goreng Wajib Kemasan : Masa Transisi di 2018, Potensi kah bagi CEKA ?

Wilmar Cahaya Indonesia (CEKA) dan kebijakan minyak goreng wajib kemasan, Berpotensikah di tahun 2017 ?. Mengingat masa transisi dari minyak goreng curah ke kemasan di mulai tahun 2018 mendatang dan harga CPO yang mulai menarik di tahun 2017.

 

PT. Wilmar Cahaya Indonesia Tbk (CEKA) bergerak di bidang industri antara lain minyak nabati yaitu minyak kelapa sawit beserta produk-produk turunannya, biji tengkawang, minyak tengkawang dan minyak nabati spesialitas; usaha bidang perdagangan lokal, ekspor, impor, dan berdagang hasil bumi, hasil hutan, berdagang barang-barang keperluan sehari-hari, berdagang sebagai grosir, distribusi, leveransir, eceran dan lain-lain.

 

Dalam kaidah value investing, sebelum dana dibelikan pada suatu saham untuk investasi, harus dipastikan saham tersebut memberikan “Jaminan” yang menarik.
Lalu, apa jaminan dari CEKA?.
Sebagai berikut :
           
        
Lalu, Bagaimana dengan Fundamental dari CEKA ? (Bagaimana Kinerjanya ?).
           
Penurunan DER dalam setahun di barengi dengan kenaikan NPM dari CEKA merupakan hal yang mencerminkan manajemen telah berupaya mengurangi jumlah hutangnya sejalan dengan kenaikan laba nya. Hal ini tentu sangat menarik. Lalu bagaimana dengan detail Laporan Keuangan nya?.
Setelah diketahui NPM dan DER yang saling mendukung, Selanjutnya langsung dilakukan detail analisis pada Arus Kas CEKA LK TW 1 tahun 2016 sampai LK TW 3 tahun 2016.
Hal ini di lakukan untuk mencari tahu ke efektif an hasil dari NPM dan DER yang sangat menarik pada Balance sheet dan Income Statement.
Arus kas sangat bermanfaat untuk melihat upaya dari manajemen dan kinerja keuangan perusahaan.
Berikut :
Pada arus kas LK TW 1 tahun 2016 terlihat bahwa arus kas dari kegiatan operasional naik sangat signifikan dari nilai minus menjadi nilai plus. Dimana itu kontribusi dari penghasilan bunga yang naik sebesar 2.478% ! (YOY), meski ini sangat positif namun tidak begitu MENARIK karena hasil dari pendapatan bunga yang bukan merupakan bisnis utama perusahaan.
Arus kas dari aktivitas investasi meningkat (Minus), hal ini bukan merupakan sesuatu yang buruk karena pengeluaran kas dari aktivitas investasi ini dikarenakan penambahan Asset sebesar >100% (YOY) yang menunjukkan manajemen dalam proses pengembangan bisnis.
Arus kas dari aktivitas pendanaan menunjukkan kinerja positif dimana manajemen peduli untuk mengurangi hutang nya dengna melakukan pembayaran hutang pihak berelasi.
Kesimpulannya pada arus kas kuartal 1 tahun 2016 CEKA cukup menarik.
Pada arus kas CEKA kuartal 2 tahun 2016.
Arus kas dari aktivitas operasi naik cukup baik sebesar 57% (YOY), Hal ini hasil dari kontribusi pendapatan bunga sebesar 5.977% ! (YOY) dan penerimaan kas lain – lain. Tentu saja hal ini KURANG menarik. Karena bukan hasil dari bisnis utama perusahaan.
Namun dari sisi aktivitas investasi menunjukkan manajemen melakukan usaha penambahan asset cukup besar meskipun di barengi dengan penjualan asset sebesar 300 juta. Dalam arus kas aktivitas investasi, penjualan asset bukan lah suatu aksi korporasi yang bagus. Sebaliknya penambahan asset akan lebih baik.
Yang paling MENARIK meski agak tidak bagus adalah terdapat penerimaan pengembalian pinjaman kepada pihak berelasi dengan nominal cukup BANYAK >200 Milyar (YOY).
Selanjutnya melihat dari arus kas aktivitas pendanaan, disini SANGAT MENARIK dimana terdapat peningkatan usaha manajemen dalam pembayaran pinjaman bank jangka pendek sebesar >279 Milyar.
Hal ini yang semakin memperbaiki hutang atau tingkat DER CEKA.
Pada arus kas CEKA kuartal 3 tahun 2016, terlihat bahwa pada arus kas aktivitas operasional menunjukkan manajemen berhasil menekan atau melakukan efisiensi beban usaha sebesar 43% (YOY). Namun sayang nya arus kas terkuras 4 Milyar dari pajak final revaluasi asset.
Dari aktivitas investasi menunjukkan bahwa manajemen sedang gencar menyelesaikan asset ekspansi dan hal ini adalah hal POSITIF. Selain itu dari sisi aktivitas investasi juga mendapat kontribusi positif hasil dari pengembalian pinjaman pihak berelasi. Meski hal seperti tidak seharusnya di perhitungkan namun tetap menambah hasil yang Menarik.
Dari aktivitas pendanaan manajemen perusahaan cukup peduli dengan tetap melakukan pembayaran pinjaman bank jangka pendek.
Maka hasil kesimpulan nya adalah bahwa CEKA memiliki kinerja yang MENARIK dimana perusahaan melakukan upaya efisiensi beban usaha, melakukan usaha pengurangan hutang, melakukan aksi ekspansi meski sedikit kurang bagus dalam hal kontribusi pendapatan yang dihasilkan dari pendapatan bunga.
Lalu, bagaimana dengan pola charting TrendFollower NOT SwingTrading nya?. Tentu ini yang paling di tunggu – tunggu. (Charting TrendFollower NOT SwingTrading saham CEKA ini telah di publish/terbit lebih dulu via Telegram BullRecommend LS sejak harga saham CEKA masih di 1430/lbr saham pada tanggal 27 Februari 2017 bersamaan dengan hasil analisis lengkapnya).
Dari hasil analisis saham CEKA, Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham CEKA masih menarik untuk di akumulasi BELI ? atau bahkan sudah waktunya ideal untuk di JUAL / Taking Profit?. (Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram BullRecommend LS)
Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham. Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.
Disclousure : Hasil analisis saham CEKA ini sudah di publish secara Real-Time lebih dulu via Telegram BullRecommend LS saat harga saham CEKA masih di harga 1430/lbr pada tanggal 27 Februari 2017. (Saat hasil analisis CEKA ini di publish di website BullRecommend ini, harga saham CEKA telah mencapai 1930/lbr saham pada tanggal 23 Mei 2017 —> Closed Price)
Share hasil analisis beberapa saham terbaik(Sesuai kaidah Value Investing) di website BLS baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota/Member BulRecommend LS.
Jika Anda cocok dengan Value Investing ala BullRecommend dan ingin mendapatkan hasil analisis BullRecommend LS lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan email JOIN di bullrecommend@gmail.com atau Klik Disini
Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut : Klik Disini
Beberapa Charting TrendFollower NOT SwingTrading bisa Anda lihat disini : Klik Disini
Apakah Anda cocok dengan Value Investing BLS, bisa chek disini : Klik Disini
Apa itu Value Investing BullRecommend ?, Jawabannya lihat disini : Klik Disini
NB : Beberapa sumber(Berita Terkait) diolah dari berbagai media.
(Visited 1,376 times, 5 visits today)

Comments are closed.